Berikut Cara Menggunakan Vanish Mode di Instagram, Bantu Anda Tetap Aman!

Yunike Purnama - Rabu, 23 Agustus 2023 20:26
Berikut Cara Menggunakan Vanish Mode di Instagram, Bantu Anda Tetap Aman!Ilustrasi instagram (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Anda tentu sudah mengetahui bahwa jejak digital tentu akan sulit untuk dihapus. Akan tetapi, dengan adanya fitur Vanish Mode atau Mode Hilang di Instagram, Anda mungkin akan sedikit bisa bernapas lega. Simak penjelasan berikut ini mengenai apa itu Mode Hilang atau Vanish Mode di Instagram serta cara menggunakannya.

Apa Itu Vanish Mode atau Mode Hilang di Instagram?

Vanish Mode atau Mode Hilang awalnya diluncurkan di Facebook Messenger pada tahun 2020. Akan tetapi, fitur ini juga telah ditambahkan ke fitur perpesanan atau direct message di Instagram. Adanya fitur Vanish Mode akan memungkinkan pengguna untuk membuat dan bergabung dengan threads sementara yang akan secara otomatis terhapus ketika obrolan berakhir.

Vanish Mode di Instagram ini sangat mirip dengan fitur hapus otomatis yang bisa ditemukan di Snapchat. Akan tetapi, di Instagram hanya akan berfungsi ketika Anda mengaktifkannya secara manual. Selain itu, fitur ini juga hanya berfungsi terbatas untuk obrolan dengan dua orang saja dan tidak berfungsi ketika Anda melakukan obrolan di grup.

Cara Mengaktifkan Vanish Mode di Instagram

Berikut beberapa cara menggunakan Vanish Mode atau Mode Hilang di Instagram.

  1. Pertama, buka aplikasi Instagram lalu klik ikon chat.
  2. Pilih pesan yang ada atau buat threads (utas) pesan baru, lalu scroll ke bagian bawah obrolan Anda.
  3. Scroll ke atas dari bagian bawah layar lalu lepaskan jari Anda untuk mengaktifkan Vanish Mode.

Segera setelah Mode Hilang diaktifkan, dan sebelumnya Anda berada dalam mode terang maka Instagram akan langsung berubah menjadi dark mode atau mode gelap. Beberapa emoji ‘shushing’ akan jatuh dari atas layar yang menandakan bahwa Anda sudah resmi berada dalam Mode Hilang atau Vanish Mode. Jika Anda sudah berada dalam dark mode ini Anda hanya akan melihat pesan ‘ You turned on vanish mode’ di bagian atas obrolan.

Teman obrolan Anda tidak akan diberi tahu mengenai perubahan tersebut. Akan tetapi, mereka akan tahu ketika membuka obrolan dengan pesan di bagian atas bahwa Anda telah mengaktifkan Vanish Mode. Anda bisa melanjutkan mengirim direct message Instagram seperti biasa.

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Vanish Mode atau Mode Hilang di Instagram

Mode Hilang atau Vanish Mode akan sangat cocok bagi Anda yang khawatir terhadap stalker yang melihat obrolan Anda. Jika keamanan dan privasi penting bagi Anda, maka sebaiknya Anda perlu memanfaat fitur tersebut.

Anda juga bisa menggunakan Vanish Mode ketika ingin melakukan obrolan pribadi dengan pengguna Instagram lainnya. Apalagi jika Anda sedang merencanakan pesta kejutan bagi teman atau orang yang Anda sayangi dan Anda ingin membagikan detailnya bersama dengan orang lain menggunakan Vanish Mode agar mengurangi risiko bocornya informasi tersebut.

Itu tadi cara mengaktifkan Vanish Mode atau Mode Hilang dan Instagram serta kegunaannya. Jangan khawatir, semua gambar, teks, meme, stiker atau GIF yang terlihat dan dibagikan dalam Mode Hilang atau Vanish Mode akan hilang selamanya begitu Anda mengakhiri obrolan. Selain itu, Anda juga bisa memblokir siapa saja dan melaporkan percakapan jika merasa tidak aman.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS