Bandar Lampung Tuan Rumah MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi, Peserta Capai 601 Orang

Eva Pardiana - Rabu, 11 Oktober 2023 07:43
Bandar Lampung Tuan Rumah MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi, Peserta Capai 601 OrangWalikota Bandar Lampung Eva Dwiana dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menabuh bedug sebagai simbol resmi dibukanya MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi di Kota Bandar Lampung, Selasa (10/10/2023). (sumber: Dok. Diskominfo Bandar Lampung)

BANDAR LAMPUNG – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 tingkat provinsi yang digelar di Kota Bandar Lampung resmi dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada Selasa (10/10/2023).

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Lampung Puji Raharjo mengatakan dilaksanakannya MTQ ini adalah untuk menumbuh kembangkan kecintaan terhadap Al-Quran dan budaya literasi Al-Quran, serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai luhur ajaran Al-Quran.

Selain itu, MTQ ini diselenggarakan bertujuan melakukan pembinaan dan pemetaan kualitas pembacaan, pemahaman dan pengamalan Al-Quran.

Meningkatkan gema Al-Quran dan syiar Islam, meningkatkan ukhuwah islamiyah melalui jalinan budaya baca tulis Al-Quran serta pemahaman isi dan kandungan Al-Quran.

"Serta mempersiapkan kafilah Provinsi Lampung pada MTQ Tingkat Nasional mendatang," ujarnya.

Dirinya juga mengungkapkan, total peserta yang ikut serta dalam kegiatan MTQ ini berjumlah 601 peserta, dengan 125 dewan juri, dan 12 pengawas.

"Selamat bermusabaqah, berikan usaha dan penampilan yang terbaik. Fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan, termasuk berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik di ajang ini," ujarnya.

Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi karena telah mempercayai Kota Bandar Lampung sebagai tuan rumah

"Seharusnya MTQ ke-50 ini digelar di Kabupaten Pesisir Barat, tetapi karena lain hal berpindah ke Bandar Lampung. Pemkot dan sejumlah panitia sudah bekerja dengan sebaik mungkin, mohon maaf bila ada kekurangan" ungkapnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan pelaksanaan MTQ ini bertujuan memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Quran.

"MTQ ini memberikan dampak yang besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur'an," ujarnya.

Menurutnya dengan suksesnya pelaksanaan MTQ ini, menunjukan perhatiaan pemerintah dalam membangun kecintaan masyarakat kepada kitab suci Al-Quran.

"Saya mengharapkan MTQ bukan hanya berlatih dan berlomba, tetapi jalan edukasi masyarakat dalam menjngkatan pemahaman dan kecintaan terhadap Al-Quran," paparnya. (IQB)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS