Asuransi Astra Raih Penghargaan Financial Award 2023

Yunike Purnama - Minggu, 03 September 2023 06:04
Asuransi Astra Raih  Penghargaan Financial Award 2023 (sumber: null)

JAKARTA -  Perkembangan zaman menciptakan perubahan yang memberikan dampak signifikan pada beragam aspek dan industri. 

Sehingga para perusahaan dituntut untuk dapat bersikap adaptif dan tangkas dalam merangkul peluang baru, tak terkecuali Asuransi Astra. 

Dengan semangat memberikan peace of mind ke jutaan pelanggan, Asuransi Astra berupaya mengoptimalkan kinerja perusahaan melalui strategi 3 (Triple) P Roadmap yang dijadikan pedoman guna mewujudkan tujuan perusahaan yaitu sebagai the most sustainable general insurance di Indonesia.

Atas upaya-upaya yang dilakukan dengan konsisten, Asuransi Astra berhasil mempertahankan kinerja keuangan untuk mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih baik dan positif dan meraih The Best Performance Insurance dalam kategori asuransi umum dengan asset > Rp3 Triliun pada Bisnis Indonesia Financial Award 2023 (Bisnis Indonesia). 

Penyerahan apresiasi ini diterima langsung oleh SVP Accounting & Tax Asuransi Astra, Feni Astrini.

Bisnis Indonesia Financial Award 2023 mengusung dengan tema Digitalisasi Finansial: Inklusif dan Berkelanjutan merupakan ajang penghargaan bagi pelaku industri yang mampu bertahan, bertransformasi, dan menjaga performa pasca pandemi Covid-19. 

Pada kategori perusahaan asuransi umum, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan asuransi yang dalam waktu 3 tahun terakhir dapat mengelola perusahaannya secara efektif dan efisien, sedangkan pengelompokan ditentukan berdasarkan skala total aset perusahaan pada tahun terakhir perhitungan yaitu tahun 2022. Penilaian dilakukan melalui tahap screening awal, kuantitatif dan kualitatif. Pada tahap awal, screening terdiri dari total aset, total ekuitas dan laba bersih tahun berjalan pada kuartal IV/2022 harus bernilai positif (+) serta nilai rasio RBC kuartal IV/2022 harus lebih besar sama dengan 120%. 

Kemudian tahap kuantitatif meliputi hasil underwriting, total beban usaha, premi bruto, hasil investasi, total investasi dan laba bersih. Hingga terakhir, tahap kualitatif yang dilakukan oleh dewan juri penghargaan terkait.

Dalam menghadapi tantangan demi mempertahankan kinerja keuangan perusahaan, Asuransi Astra konsisten menerapkan strategi yang berpedoman pada kebijakan 3 (Triple) P Roadmap. Pada Portfolio Roadmap, Asuransi Astra terus menjaga keseimbangan bisnis melalui penerapan strategi diversifikasi dan aktif melakukan kolaborasi dan partnership dengan berbagai merek yang memiliki visi yang sesuai. 

Pada People Roadmap, Asuransi Astra menyadari bahwa salah satu kunci untuk menjadi unggul di industri tidak terlepas dari peran sumber daya manusia (SDM), sehingga perusahaan senantiasa menjaga ketersediaan dan kesiapan SDM yang agile dan adaptif dalam perkembangan bisnis, seperti melalui peningkatan kemampuan melalui program sertifikasi keahlian hingga internalisasi peace & fun sebagai tata nilai perusahaan yang terus dijalankan. 

Serta pada Public Contribution Roadmap, perusahaan aktif memberikan peace of mind tidak hanya bagi pelanggan namun juga bagi masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan kontribusi sosial khususnya dalam 4 pilar utama yaitu kesehatan, lingkungan, pendidikan, dan pemberdayaan UMKM.

Asuransi Astra juga senantiasa memperkuat kredibilitas dan reputasi perusahaan hingga mempertahankan kinerja keuangan agar dapat terus meningkatkan rasa nyaman dan kepercayaan seluruh pemangku kepentingan. Pada tahun 2022, Asuransi Astra berproses dalam mendapatkan peringkat asuransi yang diakui secara internasional dari lembaga pemeringkat asuransi global AM Best, lembaga pemeringkat kredit global dengan spesialisasi pada industri asuransi yang berkantor pusat di Amerika Serikat, di mana Asuransi Astra memperoleh Financial Strength Rating A- (Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating “a-“ (Excellent) dengan outlook stable

Peringkat tersebut mencerminkan 4 faktor penilaian antara lain kekuatan neraca keuangan Asuransi Astra yang dinilai AM Best very strong, kinerja operasional yang dinilai strong, profil bisnis yang dinilai neutral, dan Enterprise Risk Management (ERM) yang dinilai appropriate. Pemeringkatan tersebut juga telah mempertimbangkan faktor netral pengaruh Jardine Matheson Holdings Limited (Bermuda) sebagai ultimate parent Asuransi Astra.

“Penghargaan yang diraih ini tak lepas dari komitmen dan kerja keras karyawan Asuransi Astra yang selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, dukungan dari para stakeholder, dan kepemimpinan yang baik. Apa yang kami lakukan selama ini, berangkat dari keinginan kuat untuk terus berusaha menyesuaikan diri di setiap perubahan dengan menciptakan peluang baru agar dapat terus bertumbuh, berkembang dan berkesinambungan. Penghargaan Bisnis Indonesia Financial Award 2023 ini memberikan semangat kepada kami untuk terus bergerak agile dan berkomitmen dengan mengutamakan pelanggan guna memberikan peace of mind,” Ujar Feni saat menerima penghargaan.(*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS