Asuransi Astra Bersama Ajinomoto Berikan Literasi Keuangan dan Kesehatan Bagi Para Ibu

Yunike Purnama - Jumat, 10 Maret 2023 14:29
Asuransi Astra Bersama Ajinomoto Berikan Literasi Keuangan dan Kesehatan Bagi Para IbuAsuransi Astra memahami perempuan sebagai ujung tombak keputusan yang bijaksana, menggelar literasi keuangan dan kesehatan yang dibungkus melalui acara talkshow KITA (Kesehatan & Literasi Keuangan Keluarga). (sumber: Asuransi Astra )

JAKARTA - Setiap harinya, perempuan menjalani perannya dengan baik demi meniti masa depan diri sendiri dan keluarga. Berbagai peran diemban dengan beragam keputusan yang perlu dicermati untuk menghindari kesalahan dan kerugian yang terkadang muncul di luar kendali.

Dari seorang istri, pemimpin, pengurus, pengatur pendapatan keluarga dan yang tak kalah penting adalah seorang Ibu. Ibu sering dianggap sebagai kunci di sebuah keluarga hingga masyarakat sekitarnya. Fakta, seorang Ibu adalah makhluk hidup layaknya manusia biasa tanpa kekuatan di luar batas pemahaman duniawi.

Segala upaya tetap selalu dikerahkan yang terbaik. Dari berbagai aspek, Ibu sebagai perempuan juga didorong untuk memberikan keputusan di berbagai keadaan untuk mencapai kesejahteraan. 

Asuransi Astra memahami perempuan sebagai ujung tombak keputusan yang bijaksana, menggelar literasi keuangan dan kesehatan yang dibungkus melalui acara talkshow KITA (Kesehatan & Literasi Keuangan Keluarga) #PerempuanBermakna untuk komunitas ibu bersama Ajinomoto secara offline, Rabu, 8 Maret 2023.

Di tengah menjalani perannya, para perempuan khususnya seorang Ibu ditunjuk sebagai “decision maker” dan didorong untuk lebih bijaksana dalam mengambil keputusan terhadap beragam keadaan seperti sisi materi atau keuangan.

Keadaan ini menciptakan kebutuhan literasi finansial agar tepat dalam setiap langkah yang diambil. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi keuangan adalah pengetahuan, kemampuan, ilmu dan keyakinan untuk mempengaruhi sikap dan tingkah laku seseorang untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan pengambilan keputusannya dengan tujuan untuk mencapai kesejahteraan hidup.

Literasi keuangan sendiri dapat memberdayakan masyarakat, terutama perempuan, untuk membuat keputusan mandiri. Sehingga saat keadaan darurat atau keadaan tak terduga terjadi, perempuan dapat mengambil langkah yang bijak dan memahami kebutuhan utamanya.

Berangkat dari hal tersebut, juga dalam rangka menyambut Hari Perempuan Sedunia Internasional yang jatuh pada hari ini, 8 Maret 2023, KITA #PerempuanBermakna hadir sebagai bagian dari kampanye kehumasan #PerempuanBermakna untuk memberikan literasi dan edukasi di mana salah satu diantaranya merupakan literasi finansial bagi para perempuan.

Pada sesi awal, KITA #PerempuanBermakna ini membahas mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan dari perspektif seorang Ibu hebat yang dibangun dari pengalaman manis hingga pahit seorang Nucha Bachri, public figure yang berkonsentrasi di bidang empowerment, yang menekankan pentingnya transparansi dengan pasangan terkait pengelolaan keuangan keluarga. Tak hanya itu, Angela Anindita, Head of PR & Activations Asuransi Astra juga melengkapi sesi sharing dengan membawakan materi manajemen risiko dan urgensi kepemilikan asuransi sebagai salah satu bentuk proteksi keuangan keluarga.

“Menjadi seorang Ibu bukanlah hal yang mudah. Seperti kita ketahui, peran yang harus dilakoni beragam. Tidak hanya berperan sebagai istri dalam rumah tangga yang turut andil dalam pengambilan keputusan di rumah tangga yang perlu dijalani dengan terampil, cerdas, dan bijak. Para Ibu bukan manusia dengan kekuatan super, segala upaya tetap selalu dikerahkan yang terbaik. Namun, hidup adalah belajar sehingga jika kurang sempurna dan menimbulkan kesalahan, maka perlu diperbaiki dan dipelajari kembali. Oleh karena itu, acara hari ini semoga dapat membantu ibu-ibu menjalankan perannya terutama mengalokasikan keuangan yang tepat guna,” kata Head of PR, Marcomm, & Event, Laurentius Iwan Pranoto.

Beralih ke bidang kesehatan, acara dilanjutkan dengan sesi yang diinisiasikan oleh Ajinomoto yakni edukasi pentingnya nutrisi yang baik pada makanan untuk keluarga yang dibawakan oleh dr. Raissa Edwina Djuanda, M. Gizi, Sp. GK.

Tidak sendirian, dr. Raissa ditemani oleh Mona Ratuliu, seorang  Ibu dan influencer sosial media yang turut membagikan tips cermat hingga pengalaman sebagai seorang ibu dalam mengatur makanan yang bernutrisi untuk keluarga. Ajinomoto juga bekerjasama dengan Chef Aboudd yang memberikan demo masak “Masako Ayam Kecap” dan “Sup Bakso ala Masako” yang diambil dari Dapurumami.com.

“Acara hari ini diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan kemampuan serta membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terutama seorang Ibu terhadap pentingnya penerapan gizi seimbang dalam keluarga yang dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan yang lebih baik. Serta sebagai bentuk ajakan kepada Ibu yang hadir dan masyarakat Indonesia untuk berani mencegah stunting pada pertumbuhan anak-anak melalui penyajian makanan yang bergizi. Ini merupakan salah satu langkah konkret kami sebagai Health Provider dalam membantu meningkatkan harapan hidup sehat keluarga Indonesia,” ujar Head of Public Relations Department Ajinomoto, Grant Senjaya.

Kegiatan literasi keuangan bagi kelompok perempuan dan kolaborasi dengan Ajinomoto ini merupakan bagian dari kampanye kehumasan #PerempuanBermakna yang diinisiasikan oleh Asuransi Astra dalam mendukung SDG’s poin 5, mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum perempuan selama bulan Maret 2023.

#PerempuanBermakna dibungkus dengan rangkaian kegiatan yang diperuntukkan untuk publik dan pelanggan seperti kompetisi foto melalui Instagram, pembagian safety kit, talkshow dan aspirasi sosial lainnya guna mendukung perempuan pada bulan yang istimewa ini. Kampanye ini diharapkan dapat memberikan dampak berkelanjutan dan peace of mind bagi jutaan perempuan bermakna dengan sejuta keistimewaannya di Indonesia. Adapun informasi lebih lengkap terkait kampanye kehumasan ini dapat diperoleh melalui akun instagram @asuransiastra.(*)

Editor: Redaksi
Tags Takshow KITABagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS