Argentina Juara Piala Dunia 2022 Lewat Adu Penalti, Prancis Runner-up

Yunike Purnama - Senin, 19 Desember 2022 07:20
Argentina Juara Piala Dunia 2022 Lewat Adu Penalti, Prancis Runner-upPemain Argentina Lionel Messi bersama rekan setimnya mengangkat trofi juara usai mengalahkan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. (sumber: AP Photo/Martin Meissner)

QATAR - Final Piala Dunia 2022 berakhir dramatis. Argentina selamat dari comeback Prancis untuk menang adu penalti 4-2 (3-3) pada laga di Lusail Iconic Stadium, Senin, 19 Desember 2022 dini hari WIB.

Tim Tango mendapat peluang pertama pada laga ini. Namun, Julian Alvarez sudah dalam posisi offside saat menerima umpan rekan.

Selanjutnya giliran Alexis Mac Allister melepas tendangan jarak jauh. Sayang usahanya tepat mengarah ke pelukan kiper Hugo Lloris.

Argentina terus menguasai bola. Rodrigo De Paul tidak mau ketinggalan. Tendangannya membentur Raphael Varane menghasilkan sepak pojok.

La Albiceleste menguasai bola ddengan Les Bleus kesulitan keluar dari wilayah sendiri. Kylian Mbappe coba menciptakan peluang, tapi penjaga gawang Emiliano Martinez cepat memotong.

Pressing Argentina kembali memaksa Prancis melakukan blunder. Beruntung bola jatuh di kaki kanan Angel Di Maria yang sebenarnya kidal. Eksekusi pemain Juventus itu pun melambung.

Prancis coba membalas. Kolaborasi Mbappe dan Theo Hernandez berbuah tendangan bebas. Antoine Griezmann yang mengambil mengirim bola ke Olivier Giroud, yang kemudian dianggap melakukan pelanggaran.

Kehadiran Di Maria di tim utama Argentina berbuah manis. Aksinya menipu Ousmane Dembele memaksa pemain Barcelona tersebut melakukan pelanggaran.di area terlarang.

Lionel Messi yang jadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan dan mencatatkan nama di papan skor melalui penalti di menit ke-23.

Gol tersebut membangunkan Prancis. Namun, mereka kesulitan memberi ancaman berarti ke pertahanan Argentina.

Lewat serangan balik, Tim Tango justru sukses menggandakan keunggulan.Kombinasi Messi, Alvarez, dan Mac Allister diselesaikan Di Maria pada menit ke-36.

Dalam keadaan terdesak, pelatih Prancis Didier Deschamps mengambil langkah darurat. Dia menarik Dembele dan Giroud. Sebagai gantinya hadir Marcus Thuram dan Randal Kolo Muani.

Namun, kehadiran mereka gagal memberi pengaruh berarti di sisa babak pertama. Tim Tango unggul 2-0 pada babak pertama laga Argentina vs Prancis di final Piala Dunia 2022. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS