Argentina Jadi Kandidat Kuat Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Yunike Purnama - Sabtu, 01 April 2023 04:35
Argentina Jadi Kandidat Kuat Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberikan kode keras pada Argentina untuk menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. (sumber: FIFA)

JAKARTA - Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberikan kode keras pada Argentina untuk menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hingga kini, Argentina menjadi satu-satunya negara dengan proposal yang layak untuk menggelar event pada 20 Mei-11 Juni mendatang.

Infantino menyatakan kepastian tuan rumah baru Piala Dunia U-20 akan diumumkan dalam waktu dekat. Hal itu disampaikannya saat menggelar konferensi pers di kantor CONMEBOL, Kamis 30 Maret 2023 waktu setempat. Infantino berterima kasih pada Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) yang mengajukan proposal secara cepat usai batalnya penyelenggaraan di Indonesia.

Sebagai informasi, FIFA resmi membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada 29 Maret 2023 malam WIB. Kebijakan tersebut kurang dari dua bulan dari penyelenggaran turnamen yang dijadwalkan mulai akhir Mei.

“Proposal mereka benar-benar membuat hidup kami sedikit lebih mudah,” ujar Infantino dalam keterangan yang diunggah di Instagram resmi, Jumat 31 Maret 2023.

Infantino mengatakan Argentina menjadi satu-satunya negara yang mengajukan tawaran resmi dengan jaminan pemerintah untuk menggelar Piala Dunia U-20 tahun ini. Sebelumnya Peru dijagokan untuk menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah. Namun belakangan negara tersebut mengalami kendala finansial usai bencana banjir bandang.

“Dalam dua tiga hari ke depan FIFA akan membuat keputusan,” ujarnya.

Infantino meyakini Argentina mampu dan layak menggelar ajang sekelas Piala Dunia U-20. Negara kelahiran Lionel Messi itu juga dinilai memiliki tradisi bola yang kuat. Argentina berpengalaman menggelar ajang serupa tahun 2001 serta sejumlah ajang sepak bola internasional lain.

“Kita semua tahu sepak bola Argentina dan ini adalah negara yang jelas bisa menggelar kompetisi di level ini. Jadi ada kemungkinan yang sangat bagus,” ujarnya.

Argentina sendiri tampak berambisi menjadi tuan rumah agar timnasnya lolos langsung ke Piala Dunia U-20. Diketahui, Argentina U-20 terhenti di kualifikasi setelah kalah bersaing dengan Brasil, Kolombia, dan Paraguay di Grup A CONMEBOL Sudamericano U-20.(*) 

Editor: Redaksi
Tags Piala Dunia U-20Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS