Anti Boncos! Berikut Tips Mengatur Keuangan Liburan

Yunike Purnama - Sabtu, 24 Juni 2023 15:29
Anti Boncos! Berikut Tips Mengatur Keuangan LiburanIlustrasi liburan (sumber: Unsplash)

BANDARLAMPUNG - Bulan Juni dan Juli merupakan saat yang tepat untuk liburan bagi keluarga yang mempunyai anak usia sekolah. 

Selain bertepatan dengan liburan sekolah, adanya cuti bersama yang ditetapkan pemerintah di akhir bulan Juni juga menjadi kesempatan bagi para wisatawan untuk bepergian ke luar kota maupun luar negeri. 

PT Angkasa Pura II memprediksi adanya peningkatan penumpang pesawat yang mencapai 4,9 juta penumpang di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang di bulan Juni-Juli 2023. Angka tersebut meningkat 23% dari periode yang sama di tahun 2022. 

Tingginya minat liburan masyarakat Indonesia juga didukung oleh menurunnya harga tiket pesawat selama beberapa bulan terakhir. Kondisi ini diharapkan dapat membantu mengakselerasi kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang sempat menurun akibat pandemi Covid-19. 

Terlebih lagi, kini liburan menjadi sebuah kebutuhan terutama untuk masyarakat sibuk perkotaan. Hal ini membuat pengaturan keuangan yang tepat menjadi hal yang penting dalam perencanaan liburan. 

Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, Meta Lakhsmi Permata Dewi mengatakan, perencanaan keuangan untuk liburan bukan hanya bagaimana mendapatkan harga yang paling murah untuk akomodasi maupun transportasi.

"Tapi juga nilai apa yang kita dapatkan dari harga tersebut dan pastinya agar tidak mengganggu pos keuangan lainnya Jangan sampai momen liburan malah menjadi beban di kemudian hari,” kata Meta dalam keterangan tertulis, Sabtu, 24 Juni 2023.

1. Mencari Tiket Lebih Awal

Dia pun menjelaskan beberapa tips perencanaan liburan, seperti mencari tiket pesawat lebih awal. Sebab, orang cenderung menunda untuk membeli tiket penerbangan. Padahal semakin dekatnya waktu pembelian tiket dengan keberangkatan, harga juga akan lebih mahal. Idealnya pembelian tiket dilakukan 1,5 sampai 5 bulan sebelum keberangkatan. 

2. Perhatikan Waktu Transit

Lalu, perhatikan pula waktu transit dan jam penerbangan, karena harga tiket murah belum tentu ekonomis. Penerbangan dengan waktu keberangkatan atau mendarat di luar jam aktif, maupun waktu transit yang lama, selain membuang waktu, juga membuat Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk penginapan.

3. Pilih Tempat Penginapan

Selain itu, pilihlah tempat menginap alternatif, seperti AirBnB atau sewa apartemen cenderung lebih ekonomis jika dibandingkan menginap di hotel.

4. Pantau Tempat Wisata via Medsos

Pantau juga sosial media untuk mendapatkan local hidden gem. Selain berkunjung ke objek wisata utama yang berbayar, cari lokasi wisata di sekitarnya yang viral di sosial media untuk mendapatkan pengalaman lebih.

5. Asuransi Perjalanan

Tak kalah penting, yakni memiliki asuransi perjalanan. Meta mengatakan, selain dapat memberikan perlindungan dalam perjalanan, asuransi perjalanan menjadi suatu keharusan untuk mengajukan visa untuk masuk beberapa negara tertentu. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS