9 Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru di Sejumlah Negara

Eva Pardiana - Sabtu, 01 Januari 2022 19:58
9 Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru di Sejumlah NegaraIlustrasi kembang api sebagai salah satu tradisi perayaan tahun baru di Indonesia. (sumber: Pixabay/Erad)

JAKARTA – Kini kita telah memasuki hari pertama di tahun 2022. Sebelumnya, pada malam pergantian tahun banyak orang berkumpul menunggu momen pergantian tahun.

Masyarakat di berbagai belahan dunia memiliki tradisi dan budaya yang berbeda-beda dalam merayakan pergantian tahun baru. Di Indonesia, misalnya, orang menghabiskan malam tahun baru dengan berkumpul dalam keluarga, makan bersama, dan sebagian menggelar pesta kembang api.

Malam tahun baru bagi orang Indonesia menjadi momentum melakukan rekonsiliasi terhadap tahun yang telah berlalu dan resolusi untuk menyambut tahun yang baru.

Di Amerika Serikat, orang menyanyikan lagu "Auld Lang Syne" karya Theodore Shapiro untuk menyambut Tahun Baru yang penuh harapan. Mereka juga makan kacang polong untuk sebuah makna keberuntungan.

Dilansir dari World Strides, ada sembilan tradisi unik perayaan tahun baru di sejumlah negara di seluruh dunia.

1. Spanyol

Di Spanyol, sudah menjadi kebiasaan untuk makan 12 buah anggur pada malam Tahun Baru. Setiap buah anggur dimakan setiap jam pada tengah malam Tahun Baru. Setiap anggur melambangkan keberuntungan untuk satu bulan di tahun yang akan datang.

Di kota-kota besar seperti Madrid dan Barcelona, ​​​​orang berkumpul di alun-alun utama kota untuk makan anggur bersama dan membagikan botol cava (anggur tradisional Catalonia).

2. Kolombia

Dengan harapan tahun baru yang dipenuhi perjalanan, penduduk Kolombia membawa koper kosong di sekitar blok. Itu salah satu tradisi Tahun Baru yang terus diwariskan.

3. Denmark

Penduduk Denmark menyambut Tahun Baru dengan melemparkan piring dan gelas tua ke pintu keluarga dan teman untuk mengusir roh jahat. 

Mereka juga berdiri di atas kursi dan melompat bersama di tengah malam untuk "melompat" ke Januari dengan harapan akan keberuntungan di tahun yang baru.

4. Finlandia

Di Finlandia, orang memprediksi tahun yang akan datang dengan menuangkan timah cair ke dalam wadah berisi air, kemudian menafsirkan bentuk logam setelah mengeras.

Logam yang berbentuk sebuah hati atau cincin berarti pernikahan, sementara sebuah kapal memprediksi perjalanan dan babi menyatakan akan ada banyak makanan.

5. Panama

Di Panama, orang mengusir roh jahat untuk memulai Tahun Baru. Tradisi ini merupakan yang paling unik di antara negara-negara lain.

Mereka biasanya membakar patung (muñecos) orang-orang terkenal seperti karakter televisi dan tokoh politik di Panama. Patung-patung itu dimaksudkan untuk mewakili tahun yang lama. Jadi semacam ada rekonsiliasi terhadap masa lalu.

6. Skotlandia

Selama perayaan Malam Tahun Baru Skotlandia di Hogmanay, "pijakan pertama" dipraktikkan di seluruh negeri. Orang pertama yang melewati ambang pintu rumah di Tahun Baru harus membawa hadiah keberuntungan.

Orang Skotlandia juga mengadakan upacara api unggun di mana orang-orang berparade sambil mengayunkan bola api raksasa di tiang, yang dianggap sebagai simbol matahari, untuk menyucikan tahun yang akan datang.

7. Filipina

Di Filipina ada sebuah tradisi dimana Anda akan menemukan bentuk bulat di seluruh negara itu pada Malam Tahun Baru sebagai perwakilan koin untuk melambangkan kemakmuran di tahun mendatang.

Banyak keluarga memajang tumpukan buah di meja makan mereka dan beberapa makan tepat 12 buah bulat (anggur menjadi yang paling umum) di tengah malam. Banyak juga yang memakai polka dot untuk keberuntungan.

8. Brazil

Di Brasil, serta negara-negara Amerika Tengah dan Selatan lainnya seperti Ekuador, Bolivia, dan Venezuela, dianggap beruntung mengenakan pakaian dalam khusus pada Malam Tahun Baru. Warna yang paling populer adalah merah, dianggap membawa cinta di Tahun Baru, dan kuning dianggap membawa uang.

9. Yunani

Negara terakhir yang memiliki tradisi unik adalah Yunani. Pada Malam Tahun Baru, mereka biasanya menggantung bawang secara tradisional di pintu depan rumah.

Ini merupakan simbol kelahiran kembali di Tahun Baru. Pada Hari Tahun Baru, orang tua membangunkan anak-anak mereka dengan menepuk kepala mereka dengan bawang.

Demikian sembilan tradisi unik perayaan Malam Tahun Baru dari budaya di seluruh dunia. (*)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Daniel Deha pada 01 Jan 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS