4 Cara Decluttering Dapat Membantu Anda Menghemat Uang

Yunike Purnama - Sabtu, 01 Januari 2022 13:19
4 Cara Decluttering Dapat Membantu Anda Menghemat UangIlustrasi delucttering atau memilah barang. (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG - Bagi beberapa orang delucttering atau memilah barang dapat meredakan stres, namun juga menguntungkan secara finansial. Merapikan ruang Anda adalah cara mudah untuk menghemat uang setiap hari.

Meskipun mungkin menakutkan untuk decluttering seluruh rumah Anda dan semua lemari yang terlupakan yang penuh dengan barang-barang, Anda dapat menyisihkan waktu setiap hari atau setiap minggu untuk melakukan beberapa pengorganisasian.

Atau buat rencana untuk merapikan satu laci atau satu area rumah Anda per hari; tangani sisanya dengan cara yang sama sampai ruang Anda bebas dari sampah. Decluttering tidak hanya membuat rumah Anda terlihat lebih baik, tetapi juga menenangkan pikiran Anda.

"Ketika rumah Anda secara visual menarik bagi Anda, itu menjadi tempat perlindungan atau perlindungan Anda dari dunia luar, menghemat uang Anda karena Anda tidak berbelanja tanpa berpikir untuk menghindari berurusan dengan kekacauan Anda," kata Laura Lonie, CPA dan flinancial coach, seperti dilansir dari laman Real Simple.

Berikut ini cara decluttering rumah Anda dapat membantu untuk menghemat uang: 

1. Decluttering menunjukkan barang yang sudah dimiliki

Salah satu manfaat dari decluttering adalah menemukan hal-hal yang Anda benar-benar lupa Anda beli, tetapi masih bisa digunakan sekarang. Dengan cara ini, Anda tidak akan keluar dan membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan.

"Pembelian tidak akan lagi menebak-nebak, Anda akan membuat rencana untuk membeli barang hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya," kata Rashelle Isip, professional organizer yang berbasis di kota New York, Amerika Serikat.

Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan Anda temukan saat merapikan ruangan Anda bahkan bisa menemukan uang tunai atau kartu hadiah disimpan di tempat-tempat yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

"Anda mungkin memiliki sertifikat hadiah, voucher, kupon, uang tunai, cek yang belum dicairkan, atau barang lain yang tidak terpakai di tempat Anda yang dapat digunakan atau disimpan ke rekening bank Anda," kata Isip.

Menggunakan apa yang Anda miliki atau menemukan kegunaan baru untuk barang-barang lama adalah cara yang bagus untuk menghemat uang dan menjaga ruang Anda tetap bersih. Selain itu, jika Anda menerima tagihan melalui pos, buatlah tempat untuk tagihan tersebut agar tidak berantakan, yang menyebabkan keterlambatan pembayaran dan denda.

2. Membantu lebih sadar akan kebiasaan belanja

Banyak dari kita pernah kesana, menggali melalui lemari kita untuk menemukan bahwa satu atasan atau rok yang kita beli beberapa waktu lalu itu akan sempurna, tetapi tidak ada di mana pun jadi tentu saja, sekarang kita pergi membeli pakaian yang sama sekali baru untuk sebuah acara.

"Anda mungkin memiliki lima turtleneck hitam yang identik karena Anda membeli satu lagi setiap kali tidak dapat menemukan yang terakhir Anda beli," kata Lonie. 

Decluttering dapat membantu Anda menjaga semuanya tetap teratur sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik saat berbelanja, dan tidak berakhir dengan banyak barang yang sama, yang hanya menyebabkan lebih banyak kekacauan.

Decluttering juga dapat menunjukkan kebiasaan belanja Anda, dan mencegah Anda membeli barang secara impulsif. "Untuk kategori apa Anda menghabiskan terlalu banyak uang?" Guadalupe Sanchez, pendiri situs keuangan pribadi Budgeting in Blue, berkata untuk bertanya pada diri sendiri. "Apakah Anda membeli sesuatu dan tidak menggunakannya?"

Sanchez mengatakan setelah Anda merapikan barang, berbelanja menjadi pengalaman baru, dan Anda akan lebih mengetahui apa yang Anda beli. Dia mengatakan Anda akan menemukan diri Anda bertanya apakah Anda akan benar-benar menggunakan barang itu, berapa kali, dan apakah itu hanya akan berakhir di belakang lemari Anda lagi. "Pada akhirnya, ini akan menghemat uang Anda karena Anda akan membeli lebih sedikit dari apa yang tidak Anda butuhkan," tambah Sanchez.

3. Hasilkan uang dari decluttering dengan menjual atau menyumbangkan barang

Anda tidak hanya harus membuang semua barang yang tidak terpakai—menyisihkan barang untuk dijual saat Anda memilah barang dapat membantu Anda menghasilkan uang dari barang-barang tersebut.

Jika Anda menemukan barang yang jarang digunakan, (atau bahkan baru), coba jual di Facebook Marketplace, eBay, atau situs jual beli lainnya. Atau Anda bisa menggunakan cara kuno dan mengadakan penjualan halaman atau jaringan di antara teman dan keluarga Anda untuk melihat apakah Anda dapat menjual beberapa barang Anda dengan cara itu.

Sanchez mengatakan Anda bisa menghasilkan beberapa ratus dolar, tergantung berapa banyak barang yang Anda miliki. "Mendaftarkan barang-barang Anda secara online dan menjualnya dengan harga yang jauh lebih murah daripada yang Anda beli juga sangat merendahkan hati dan membuka mata," katanya.

"Sekali lagi, Anda akan menyadari bahwa Anda bisa menghemat banyak uang hanya dengan tidak membelinya sama sekali." Selain itu, Anda juga dapat menyumbangkan barang-barang yang tidak lagi Anda gunakan.

4. Decluttering dapat membantu Anda menghemat uang untuk biaya penyimpanan

Decluttering dapat membantu Anda menghemat uang untuk biaya penyimpanan.

Jika Anda memiliki barang-barang yang disimpan di unit penyimpanan di suatu tempat, rencanakan kunjungan untuk merapikan ruang itu untuk melihat apakah ada sesuatu yang dapat Anda singkirkan—jika tidak, Anda hanya membayar uang untuk barang-barang yang berantakan di sana. Salah satu penghemat uang terbesar adalah menghilangkan biaya penyimpanan. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS