8 Proyek di IKN yang Dibangun Jelang Pergantian Tahun

Yunike Purnama - Sabtu, 23 Desember 2023 09:15
8 Proyek di IKN yang Dibangun Jelang Pergantian TahunPresiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara selama dua hari antara 20-21 Desember 2023. (sumber: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara selama dua hari antara 20-21 Desember 2023. Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden melakukan sederet groundbreaking (peletakan batu pertama) terhadap sederet proyek pembangunan. 

Tercatat delapan proyek pembangunan di IKN diresmikan Presiden Jokowi mulai dari fasilitas umum, kampus, hingga kantor aparat. 

Groundbreaking RSUP

Proyek Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) IKN menjadi proyek pertama yang dilakukan groundbreaking oleh Presiden Jokowi pada kunjungan kerja selama dua hari di calon ibu kota baru tersebut. 

Pembangunan RSUP IKN oleh pemerintah ini menyusul tiga rumah sakit lainnya yang telah lebih dahulu dimulai pembangunannya oleh swasta yaitu Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Abdi Waluyo dan Rumah Sakit Mayapada.

Presiden menyebut terdapat tiga rumah sakit swasta yang bakal menyusul dibangun. Dengan dibangunnya beragam rumah sakit di IKN, Presiden berharap masyarakat tidak perlu  pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang hingga ke Amerika hanya untuk berobat sebab dapat dilakukan sendiri di Indonesia.

Nusantara Superblock

Usai rumah sakit, Presiden melanjutkan peletakan batu pertamanya pada proyek Nusantara Superblock. Proyek ini bernilai investasi Rp3 triliun dimana lahannya mencapai 7,5 hektar. 

Presiden merinci bangunan dalam proyek tersebut meliputi pusat perbelanjaan seluas 40.000m² hotel bintang 5 dengan 215 kamar, hotel bintnag 4 dengan 200 kamar. Selain itu juga terdapat apartemen 8 Tower, office building 2 tower, sekolah internasional dan tempat hiburan.

Presiden sangat mengapresiasi pembangunan Nusantara Superblock tersebut sebab akhirnya terdapat investor asli dari Kalimantan Timur yang turut ikut membangun IKN. Presiden Jokowi juga mengatakan Superblok Nusantara ini akan menjadi sebuah daya tarik di IKN dan menjadikannya ibu kota berkelas dunia.

The Pakubuwono Nusantara

Proyek selanjutnya yang digroundbreaking oleh Presiden Jokowi adalah The Pakubuwono Nusantara. Proyek bernilai investasi sekitar Rp1 triliun ini akan membangun dua tower apartemen monumental berstandar internasional yang ramah lingkungan. Presiden menyebut proyek The Pakubuwono Nusantara telah sesuai dengan konsep IKN yang mengusung green building.

BSH Community Hub

BSH Community Hub menjadi salah satu yang diresmikan pembangunannya oleh Presiden Jokowi saat kunjungannya tersebut. Proyek BSH Community Hub berupa pembangunan hotel bintang 3 dan juga restoran. 

Presiden mengatakan proyek ini bakal rampung sebelum bulan Juli 2024 sehingga bisa untuk dinikmati bersama. Harapan Presiden yaitu BSH Community Hub dapat menjadi tempat berkumpul dan pertemuan yang lengkap serta melengkapi fasilitas di IKN.

Komando Distrik Militer (KODIM) IKN A 

Tidak hanya fasilitas umum, Presiden Jokowi juga melakukan groundbreaking terhadap markas TNI di IKN. Presiden menyebut Kodim IKN berdiri d atas lahan seluas 3,29 hektare. Area seluas tersebut akan dibangun kantor kodim, hunian personel, pos dan rumah jaga, gudang amunisi, aulanya, dan juga prasarana pendukung lainnya. 

Dalam pembangunan Kodim di IKN, Presiden berpesan agar bangunannya didesain dengan visi ke depan, modern, dan juga green building. Dengan begitu, nantinya kodim-kodim di seluruh Tanah Air bisa melihat bangunan kodim yang ada di IKN sebagai contoh.

Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor IKN

Fasilitas untuk aparat selanjutnya yang diresmikan pembangunannya yaitu Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres) IKN. Proyek pembangunan Polres IKN ini menelan biaya Rp160 miliar di atas lahan seluas 12 hektare. 

Namun untuk bangunan, Presiden menyebut akan berdiri dengan luas 6.189 meter persegi. Pembangunanya ditargetkan selesai dalam waktu 9 bulan dan menggunakan konsep green building.

Transportasi Ramah Lingkungan Blue Bird Group di IKN

Pada kesempatan kunjungan kerja di IKN tersebut, Presiden Jokowi juga melakukan Peluncuran Transportasi Ramah Lingkungan Blue Bird Group. Nilai investasi perusahaan tersebut di IKN untuk Transportasi Ramah Lingkungan mencapai Rp250 miliar. 

Investasi senilai Rp250 miliar oleh Blue Bird Group digunakan untuk pengadaan bus rapid transit listrik guna mendukung layanan perkotaan taksi listrik, mobil rental listrik, serta bus jurusan dari Balikpapan ke IKN.

Selain moda transportasi, Jokowi juga menyebut Blue Bird akan melengkapi sarana pendukung yang dikelola secara terintegrasi dengan menggunakan teknologi pintar seperti penyediaan halte, park and ride, transfer point depo, dan charging point.

Gedung II Kampus Nusantara PSDKU Universitas Gunadarma

Proyek terakhir yang diresmikan pembangunannya oleh Presiden Jokowi pada kesempatan tersebut yaitu groundbreaking Gedung II Kampus Nusantara PSDKU Universitas Gunadarma. 

Pembangunan kampus tersebut penting untuk mengembangkan program pendidikan tinggi di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut berguna mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS