5 Kunci Cara Mengatur Stres Menurut Ahli

Yunike Purnama - Minggu, 04 Juni 2023 08:01
5 Kunci Cara Mengatur Stres Menurut AhliPernahkah Anda merasa begitu stres dan cemas karena permasalahan Anda seperti keuangan, hubungan, dan masa depan? (sumber: Pexels)

BANDARLAMPUNG - Kesuksesan nampaknya semakin hari semakin banyak dikejar oleh banyak orang. Tak jarang kita mengorbankan kesehatan fisik dan jiwa untuk mengejar kesuksesan dalam karier.

Sementara itu, kesejahteraan adalah hal yang krusial dari kesuksesan seseorang. Sehingga, penting bagi Anda untuk mampu mengatur stres. 

Berikut ini TrenAsia jaringan Kabarsiger merangkum 5 kunci mengatur stres:

1. Mindset

Cara Anda berbicara kepada diri sendiri dan cara Anda menginterpretasikan peristiwa-peristiwa dalam hidup Anda tentunya mempengaruhi cara Anda berpikir, merasakan, bertindak, dan merespon orang lain.
Bangun kesadaran diri yang baik. Cari tahu lebih dalam tentang diri Anda dan mulailah memperhatikan beberapa kebiasaan dan pola Anda dengan cara yang tidak menghakimi.

Hal ini bisa membantu Anda untuk membingkai ulang perspektif ketika stre muncul.

2. Batasan

Pastikan untuk membuat batasan yang jelas antara kehidupan pribadi dan profesional. Sisihkan waktu Anda untuk sesuatu yang memang berharga bagi Anda.

Contohnya adalah jam stand by untuk membalas email pekerjaan. Pastikan untuk menetapkan batasan yang jelas kapan Anda akan berada pada mode bekerja dan kapan Anda berada di mode istirahat.

Setelah Anda merasa yakin dengan batasan tersebut, pastikan untuk mengkomunikasikannya kepada anggota tim agar tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Bergerak

Apakah Anda selalu duduk dan berada di belakang meja sepanjang hari ketika sedang bekerja?

Terus menerus duduk tentu memiliki efek yang negatif untuk kesehatan. Sementara itu bergerak dan berolahraga telah terbukti mampu meredakan stres.

Pertimbangkan untuk melakukan panggilan sambil berjalan-jalan atau melakukan peregangan di tengah-tengah kegiatan bekerja.

4. Terhubung dengan orang lain

Terus-menerus bekerja berpotensi membuat diri Anda terisolasi. Memiliki hubungan dan koneksi yang sehat dalam hidup kita sangat penting untuk kesehatan dan kebahagiaan kita.

Prioritaskan hubungan yang benar-benar berarti bagi Anda. Jika ada seseorang yang sudah lama tidak terhubung dengan Anda dan Anda merindukannya, hubungi mereka.

Anda juga dapat membangun keterampilan bersosialisasi dengan cara menjadi pendengar yang baik saat sedang berada di kantor.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS