Apple Bakal Perkenalkan iOS 17 di WWDC 2023, 12 Fitur Baru Siap Hadir

Yunike Purnama - Minggu, 04 Juni 2023 07:55
Apple Bakal Perkenalkan iOS 17 di WWDC 2023, 12 Fitur Baru Siap HadirApple disebut-sebut bakal mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya, yaitu iOS 17 dalam salah satu sesi keynote Worldwide Developers Conference atau WWDC pada 5 Juni 2023 mendatang. (sumber: Macrumors )

AS - Apple disebut-sebut bakal mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya, yaitu iOS 17 dalam salah satu sesi keynote Worldwide Developers Conference atau WWDC pada 5 Juni 2023 mendatang.

Hanya kurang dari satu minggu lagi, sejumlah rumor tentang beragam fitur yang bakal Apple sertakan ke dalam iOS 17 pun sudah ramai diperbincangkan.

Berdasarkan kabar saat ini, ada sekitar 12 fitur baru dan perubahaan bagi pengguna iPhone di berbagai dunia. Apa saja?

Seperti biasa, iOS 17 versi beta bakal tersedia bagi anggota Apple Beta Software Program pada Juli 2023, dan baru diluncurkan secara global pada September tahun ini---atau bersamaan dengan peluncuran iPhone 15.

12 Fitur Baru di iOS 17 yang bakal diperkenalkan dalam ajang WWDC 2023


1. Mode Lock Screen Baru

Mengutip Macrumors, Sabtu (3/6/2023), update iOS 17 akan menyertakan antarmuka lock screen iPhone baru dengan sejumlah informasi lebih detail dan beragam.

Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan, pengguna nanti dapat melihat informasi janji temu kalender, ramalan cuaca, dan notifikasi layaknya tampilan di smart home.

2. Tampilan Wallet App Diubah

Apple juga akan melakukan perubahan desain dan peningkatan untuk aplikasi Wallet lewat update iOS 17. Sayangnya, Gurman tidak menyebut lebih detail apa saja yang akan mengalami perubahan.

3. Fitur Aksesibilitas Baru

Bulan lalu, Apple memperlihatkan fitur aksesibilitas iPhone baru yang akan hadir di update iOS 17 pada akhir tahun ini.

Perusahaan mengatakan, nanti pengguna bisa mengakses mode baru bernama Assisitive Access sehingga dapat lebih mudah mengakses aplikasi Camera, Photos, Music, Calls, dan Messages.

Fitur baru iOS 17 lain adalah Personal Voice, memungkinkan mereka berisiko kehilangan kemampuan berbicara untuk "menciptakan suara terdengar seperti mereka" hanya dalam 15 menit untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan lainnya.

Di WWDC 2022, Apple juga memperlihatkan seperti apa generasi berikutnya dari CarPlay, dimana mode itu bakal mendukung banyak tampilan, widget, dan terintegrasi dengan fungsi kendaraan.

Lewat CarPlay ini, pengguna dapat mengatur suhu AC, radio FM, suara audio, dan masih banyak lagi.

Perusahaan berbasis di Cupertino itu mengatakan, kendaran pertama yang mendukung CarPlay generasi berikutnya ini akan diumumkan pada akhir 2023.

Sejumlah merek mobil, seperti Acura, Audi, Ford, Honda, Jaguar, Land Rover, Mercedes-Benz, Nissan, Porsche, Volvo, dan lainnya.

5. Aplikasi Journal

Apple kabarnya sedang mengembangkan aplikasi jurnal bagi pengguna iPhone, dan untuk bersain dengan aplikasi lainnya, seperti Day One.

"Pengguna bisa pakai aplikasi ini untuk menulis sebuah jurnal, seperti tentang kegiatan ke kantor hingga yang lain.

6. Peningkatan fitur Find My

Apple akan menyertakan peningkatan pada aplikasi Find My bawaan Apple via iOS 17, menurut Gurman.

Dia mengatakan, Apple berencana meningkatkan layanan lokasi untuk fitur Find My ini. Tetapi dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.(*)

Editor: Redaksi
Tags iOS 17iphoneappleBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS