5 Cara Mudah Atasi Kebiasaan Kalap Belanja

Yunike Purnama - Kamis, 01 Juni 2023 19:27
5 Cara Mudah Atasi Kebiasaan Kalap Belanja Ilustrasi belanja (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia)

BANDARLAMPUNG - Apakah Anda sering tiba-tiba meletakkan barang belanjaan baru di keranjang ketika berbelanja? Pernahkah Anda ingin membeli dan check out di e-commerce ketika melihat ‘konten racun’ yang akhirnya membuat Anda kalap belanja?

Jika Anda mengalami hal-hal di atas, Anda tidak sendirian. Banyak orang yang juga sering mengalami kebiasaan kalap belanja, di mana mereka belanja bukan karena membutuhkan sesuatu tapi hanya ingin berbelanja saja.

Jika kebiasaan tersebut dibiarkan, maka bisa jadi Ana akan mengalami kehabisan uang karena pengeluaran yang semakin meningkat. Oleh karena itu, Anda perlu mengatasinya dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut.

Cara Mengatasi Kebiasaan Kalap Belanja

Menghentikan kebiasaan kalap belanja perlu dilakukan agar Anda bisa mengontrol pengeluaran. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Identifikasi Alasan Anda Berbelanja

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk mengidentifikasi mengapa Anda berbelanja. Bisa jadi Anda berbelanja untuk orang lain, memelihara kucing peliharaan, atau karena ingin memiliki barang yang dimiliki seseorang di media sosial.

Mulailah untuk mencatat setiap perasaan Anda sebelum dan sesudah belanja. Lalu, catat bagaimana perasaan Anda saat menahan keinginan untuk berbelanja. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui alasan belanja.

2. Temukan Kebiasaan Lainnya

Mengidentifikasi dan mengetahui alasan Anda berbelanja ternyata tidak cukup untuk menghentikan kebiasaan belanja bagi sebagian orang. Kunci untuk menghentikan kebiasaan kalap belanja ini adalah dengan mencari kebiasaan lain yang dapat memenuhi kebutuhan psikologis yang sebelumnya hanya bisa dipenuhi dengan berbelanja. 

Misalnya, jika Anda belanja untuk mengatasi kesepian, Anda bisa mencari aktivitas sosial lainnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mungkin Anda bisa menelpon atau menghubungi saudara aau. teman melalui telepon atau bergabung dalam kegiatan komunitas yang bermanfaat.

3. Hindari Godaan Belanja

Bisa jadi kebiasaan belanja ini disebabkan karena Anda tergoda, seperti saat Anda sering mampir ke mall ketika pulang bekerja. Anda bisa mencoba menghindari godaan mampir ke mall tersebut dengan langsung ke rumah atau melakukan aktivitas lain yang tidak akan menggoda Anda untuk berbelanja.

4. Bawa Daftar Belanja 

Penting bagi Anda untuk selalu membawa daftar belanja saat akan berbelanja ke toko. Cobalah untuk disiplin dan fokus pada daftar Anda serta cegah diri Anda membeli sesuatu yang tidak ada dalam daftar belanja.

5. Bawa Uang Tunai

Taktik lain untuk menghindari kebiasaan kalap belanja adalah dengan membawa uang tunai terbatas saat belanja ke toko atau mall. Hal ini akan membuat Anda tetap membeli barang-barang yang hanya Anda butuhkan saja.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS