Tuhu Bangun Dorong Optimisme di Kebun Beringin untuk Capai Target Produksi

2024-10-03T19:21:30.000Z

Penulis:Eva Pardiana

Tuhu Bangun Dorong Optimisme di Kebun Beringin untuk Capai Target Produksi
Tuhu Bangun Dorong Optimisme di Kebun Beringin untuk Capai Target Produksi

MUARA ENIM – Region Head PTPN I Regional 7, Tuhu Bangun, melakukan inspeksi di Kebun Beringin, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, pada Rabu (2/10/2024). Dalam kunjungannya, Tuhu menekankan pentingnya semangat optimisme kepada seluruh jajaran, terutama unsur pimpinan, untuk menghadapi tantangan dan kendala yang ada.

"Kunci untuk menemukan solusi terletak pada semangat optimistis. Jika kita pesimis atau bersikap biasa saja, maka masalah akan sulit diselesaikan," kata Tuhu.

Saat meninjau kondisi tanaman karet di Afdeling 4, Tuhu mengidentifikasi beberapa masalah yang membuat Kebun Beringin kesulitan mencapai target optimis sesuai Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP). Dia meminta seluruh elemen kebun untuk bersatu memperbaiki keadaan dan menemukan solusi, meskipun tantangan yang dihadapi cukup besar.

"Bagi kita yang muslim, ada ayat yang mengatakan 'setelah kesulitan pasti ada kemudahan'. Namun, kemudahan itu harus kita upayakan dan kejar dengan keberanian serta analisis yang matang," tambahnya.

Tuhu juga menekankan pentingnya sinergi dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk memperkuat jaringan kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mengatasi masalah seperti pencurian karet. Dia yakin, dengan upaya yang sistematis, Kebun Beringin bisa bangkit, sebagaimana beberapa kebun lain yang sudah menunjukkan perbaikan kinerja.

Ia mencontohkan Kebun Tulung Buyut di Way Kanan, Lampung, yang berhasil meraih posisi ketiga di PTPN Award 2024. Tuhu mengapresiasi seluruh elemen PTPN I Regional 7 yang terus berupaya memperbaiki kinerja dan mencatatkan laba hingga September 2024.

Tuhu yakin, Kebun Beringin masih memiliki potensi untuk meningkatkan produksi dan mencapai target RKAP. "Secara regional, target kita adalah 1,2 ton karet kering per hektare per tahun, dan hingga September sudah mencapai 890 kilogram. Kita harus terus optimistis agar target ini tercapai," katanya.

Manajer Kebun Beringin, Agus Suroto, menyatakan komitmennya untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada guna meningkatkan kinerja kebun, baik dari segi produksi maupun keuangan. Agus juga meminta dukungan untuk menghadapi kendala eksternal yang menghambat pencapaian target produksi.

"Kami terus berupaya maksimal dan memotivasi tim agar semua potensi tergali dengan baik," ujar Agus. (*)