Reuni Relawan E-Troopers di Lampung, Erick Thohir: Gerakan Ini Tidak Pakai Uang Pemerintah

2022-01-31T00:30:11.000Z

Penulis:Chairil Anwar

IMG-20220131-WA0007.jpg
Erick Thohir foto bersama ribuan relawan E-Troopers dalam acara reuni di Novotel Bandarlampung, Minggu (30/1/2022).

BANDARLAMPUNG – Menteri BUMN Erick Thohir, dalam kunjungan kerjanya di Lampung, menyempatkan hadir dalam acara reuni relawan E-Troopers di bawah Yayasan Erick Thohir. Di hadapan ribuan relawan, Erick menegaskan bahwa gerakan ini sama sekali tidak menggunakan uang pemerintah.

"Ini tidak ada setetes pun uang pemerintah di dalamnya. Ada 520 titik gerakan E-Troopers di Sumatera, semuanya dilakukan dengan bergotong-royong untuk rakyat, yang dilakukan secara halal,” kata Erick, di Novotel Bandarlampung, Minggu (30/1/2022).

Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara reuni relawan E-Troopers. (Eva Pardiana/Kabar Siger)

Sesuai dengan tema reuni "E-Troopers Beraksi Tanpa Henti", Erick berharap gerakan social healing ini terus membantu membangun fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat di desa dan kelurahan hingga mampu menjangkau masyarakat lebih luas lagi di seluruh Indonesia.

"Saya berharap kita bersepakat apa yang kita bangun sama-sama ini apinya harus terus menyala. Beberapa bulan ke depan kita akan melakukan kegiatan seperti ini kembali, mempererat silaturahmi yang merupakan kekuatan bangsa kita," ujar Erick dalam orasinya.

Apa yang disampaikan Erick, diamini oleh Aisyah Ayu Nerindra, Dewan Pengurus Organisai E-Troopers. Menurut Aisyah gerakan social healing  yang dilakukan seluruh relawan murni didanai oleh Yayasan Erick Thohir. Dengan kekuatan finansial yang dimiliki Erick, Aisyah menyebut bukan hal sulit bagi Menteri BUMN itu mewujudkan gerakan ini.

Aisyah Ayu Nerindra, Dewan Pengurus Organisai E-Troopers. (Kabar Siger/Eva Pardiana)

"E-Troopers atau gerakan social healing ini memang bukan di bawah BUMN, kami tidak mendapatkan dana dari pemerintah,  kami murni dari Pak Erick. Bayangkan Pak Erick saja bisa membeli klub sepak bola internasional. Jadi untuk membantu membangun fasilitas umum di 520 titik di Sumatera dan 1.000 titik Jawa Barat sangat memungkinkan bagi beliau," papar Aisyah kepada awak media.Bank BRI (BBRI) Gelar RUPS Tahunan 1 Maret 2022

Target 1.000 Titik di Jawa Barat

Aisyah menjelaskan E-Troopers bergerak bersama masyarakat desa dan kelurahan untuk membantu mewujudukan fasilitas umum yang dibutuhkan. Seperti, fasilitas olahraga, taman bermain, taman baca, hingga pos ronda.

"Selama empat bulan terakhir, E-Troopers telah bergerak di 8 provinsi di Sumatera, yaitu Lampung, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Riau, Jambi, Bengkulu, dan Bangka Belitung dengan total 520 titik," ujarnya.

Menurut Aisyah, dalam aksi tersebut, para relawan mengajak warga untuk bergotong royong mewujudkan fasilitas yang dibutuhkan, tidak sekadar memberikan pendanaan. Di Lampung sendiri, aksi ini telah menjangkau Kota Bandarlampung dan Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur dan Tanggamus.

"Selanjutnya, kami sekarang bergerak di Jawa Barat, sudah progres, dan targetnya 1.000 titik di setiap kota dan kabupaten di Jawa Barat. Kami berharap kedepannya social healing ini dapat tersebar dari Sabang sampai Merauke," ungkapnya.

Siap Dukung Jika Erick Maju Pilpres

Terkait dukungan E-Troopers jika Erick Thohir berencana maju dalam pemilihan presiden 2024 mendatang, Aisyah mengaku belum mendengar langsung terkait hal tersebut. Namun ia menegaskan, relawan E-Troopers siap mendukung.

"Kalau itu sih kami belum tahu ya. Kita lihat saja nanti ya, kita tunggu saja dari Pak Erick. Kalau kami, apa pun yang Pak Erick lakukan, kami siap untuk mendukung. Pak Erick butuh kami di 520 titik di Sumatera, kami hadir. Pak Erick butuh kami di 1.000 titik di Jawa Barat, kami juga siap," pungkas Aisyah. (*)