Permainan Viral, Sekolah di Bandar Lampung Larang Murid Bawa Lato-Lato

2023-01-04T13:13:56.000Z

Penulis:M. Iqbal Pratama

Editor:Yunike Purnama

Ilustrasi permainan lato-lato
Ilustrasi permainan lato-lato.

BANDAR LAMPUNG - Permainan lato-lato yang kini sedang viral, dinilai membahayakan dan mengganggu aktivitas pembelajaran sekolah. Bahkan sejumlah sekolah di Bandar Lampung melarang muridnya membawa alat permainan tersebut ke lingkungan sekolah.

Dessi salah satu guru di Sekolah Dasar yang berada di kelurahan Gulak Galik mengatakan, pihak sekolah telah melarang kepada para murid untuk tidak membawa mainan lato-lato pada saat sekolah, karena selain mengurangi fokus anak belajar, permainan lato-lato juga berbahaya.

"Ya kami telah melarang kepada anak-anak kalau tidak boleh membawa mainan lato-lato tersebut," kata Dessi saat ditemui pada Rabu, 4 Januari 2023.

Lanjut Dessi, pihaknya juga telah memberi imbauan kepada para muridnya, bila ada kedapatan siswa yang membawa lato-lato ke sekolah akan di sita.

"Nantinya kalau masih ada yang membawa mainan tersebut, kami dari pihak sekolah akan menyita mainan yang di bawa tersebut, apapun jenis mainan itu,"jelasnya.

Ia juga mengatakan, permainan lato-lato ini juga sangat menggangu apa bila pada saat jam pelajaran ada siswa yang bermain permainan tersebut.

"Mengganggu sekali karena bunyinya juga berisik itu tek tek tek, jadi suasana dikelas jadi tidak konsen belajarnya," ujarnya.

Pihaknya juga nanti nya akan memberi edaran kepada para wali murid agar tidak membawa permainan lato-lato ke lingkungan sekolah apa lagi pada saat jam pelajaran.

"Nanti kami akan beri edaran kepada orang tua murid kalau tidak boleh membawa mainan ke sekolah,"paparnya. (IQB)