Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 Gunakan Material Daur Ulang 3 Kali Lebih Banyak

2023-09-20T04:46:03.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 gunakan material daur ulang tersebut tiga kali lipat lebih banyak dibanding generasi seri Galaxy Z sebelumnya.
Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 gunakan material daur ulang tersebut tiga kali lipat lebih banyak dibanding generasi seri Galaxy Z sebelumnya.

JAKARTA - Komitmen menjaga lingkungan, Samsung Electronics Co., Ltd. perbanyak penggunaan material daur ulang pada lini produk terbarunya, Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5. Bahkan Samsung menyebutkan jumlah material daur ulang tersebut tiga kali lipat lebih banyak dibanding generasi seri Galaxy Z sebelumnya.

“Samsung hadir dengan 15 komponen dengan materi daur ulang, yang artinya 3 kali lipat lebih sadar lingkungan dibandingan seri sebelumnya ditambah lagi dengan kemampuan upgrade OS hingga 4 kali,” ujar MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus dalam keterangan resmi 18 September 2023.

Komponen material daur ulang tersebut digunakan pada komponen internal maupun eksternal pada Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5. Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 sendiri menggunakan 6 komponen dari material daur ulang. Contoh material daur ulang yang digunakan Samsung adalah penggunaan aluminium daur ulang dari tahap pra-konsumen dan plastik daur ulang yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti jaring ikan, wadah air, dan botol PET yang tidak terpakai.

Sejumlah komponen daur ulang yang digunakan diantaranya adalah material plastik daur ulang yang berasal dari tong air bekas dan diaplikasikan ke sejumlah komponen, seperti tombol volume, SIM tray, modul speaker, hingga casing depan. Selain plastik, Samsung turut meningkatkan penggunaan material kaca pada Corning Gorilla Glass Victus 2 dengan kandungan rata-rata 22% kaca daur ulang pra-konsumen.

Packaging Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 saat ini juga dibuat dengan menggunakan material kertas daur ulang. Selain itu, box untuk manual ponsel dan pelindung ponsel juga menggunakan material kertas daur ulang.

Selain penggunaan material daur ulang, Samsung juga turut berupaya membentuk perilaku penggunaan ponsel yang berkelanjutan. Hal tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 dengan masa pakai yang lebih panjang dengan meningkatkan kemampuan upgrade perangkat hingga 4 kali. Dengan begitu, Samsung berupaya untuk mengurangi limbah elektronik yang setiap tahunnya semakin menumpuk. 

Kedua produk tersebut dilengkapi dengan jaminan pembaruan keamanan selama lima tahun dan pembaruan sistem operasi hingga empat generasi, yang dapat memperpanjang masa pakai ponsel.

Melansir dari situs resmi Samsung, Galaxy Z Fold5 dibanderol dengan harga Rp26.999.000 sedangkan Galaxy Z Flip5 dihargai Rp17.999.000.(*)