Dominasi Milenial, Minat Pembeli Rumah Lebih Tinggi dari Sewa

2021-01-22T21:21:50.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kabarsiger.com - Sepanjang 2020, ternyata minat membeli rumah di Indonesia lebih tinggi daripada menyewa. Kesimpulan tersebut didapatkan dari hasil data pengunjung di website portal properti Lamudi.co.id.

Berdasarkan data Lamudi, sepanjang 2020 minat membeli rumah meningkat sebesar 102,88 persen jika dibandingkan 2019. Sementara untuk menyewa rumah meningkat sebesar 56,63 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Managing Director Lamudi.co.id Mart Polman mengatakan tingginya minat membeli rumah ini bisa menjadi indikator sebenarnya pembeli rumah pada 2020 masih cukup tinggi.

Padahal, menurut Mart pada tahun tersebut terjadi pandemi virus covid-19 yang menghambat beberapa sektor ekonomi, termasuk bisnis properti Tanah Air.

"Saat pandemi terjadi, sebenarnya banyak masyarakat di Indonesia yang mencari informasi produk properti melalui internet, hal ini disebabkan karena adanya aturan social distancing sehingga mencari properti melalui online menjadi solusi menarik dan lebih aman," kata Mart.

Mayoritas pencari rumah di Lamudi didominasi oleh para milenial dengan kelompok umur 25-34 tahun (32,98 persen), kemudian kelompok umur 18-24 tahun (25,46 persen).

Tingginya minat milenial untuk mencari rumah bisa menjadi bukti bahwa mereka kini lebih tertarik untuk membeli hunian jika dibandingkan kendaraan atau gadget baru.

"Para milenial kini sudah mengerti bahwa membeli rumah merupakan prioritas utama yang harus didahulukan jika dibandingkan lainnya," jelas Mart.(*)