Berikut 10 Hal yang Membuat Miskin Menurut Warren Buffett

2023-08-17T17:52:55.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

Berikut beberapa hal yang kerap dilakukan seseorang yang membuatnya tidak bisa kaya atau mewujudkan tujuan keuangannya.
Berikut beberapa hal yang kerap dilakukan seseorang yang membuatnya tidak bisa kaya atau mewujudkan tujuan keuangannya.

BANDARLAMPUNG - Warren Buffett adalah salah satu investor tersukses di dunia. Ia bahkan memiliki reputasi yang baik atas kebijaksanaan finansialnya yang sederhana tapi tetap memiliki dampak yang mendalam.

Kita bisa mempelajari petuah yang ia berikan agar kita tidak terjebak dalam pengelolaan keuangan yang salah. 

Dengan mencegah diri kita terjebak dalam jebakan keuangan tersebut, maka kita semua dapat membuat keputusan keuangan yang lebih tepat untuk memastikan uang kita berfungsi dengan baik.

10 Hal yang Dilakukan Seseorang yang Miskin

Berikut beberapa hal yang kerap dilakukan seseorang yang membuatnya tidak bisa kaya atau mewujudkan tujuan keuangannya.

1. Mengabaikan Pengembangan Diri

Seperti yang dilansir Trenasia.com dari Go Banking Rates pada Rabu, 15 Agustus 2023, menurut Warren Buffett investasi terbaik yang dapat dilakukan seseorang adalah investasi pada diri sendiri. Meningkatkan keterampilan dan pendidikan dapat meningkatkan potensi penghasilan secara signifikan. Selain itu, pengetahuan dan kemampuan adalah aset yang tidak dapat dicuri oleh siapapun dariAnda.

2. Mengandalkan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit memang tidak dipungkiri membuat kita nyaman. Akan tetapi, suku bunganya yang tinggi dapat dengan cepat membayangi kita jika kita tidak mampu membayar saldo penuh setiap bulan. Warren Buffett menyarankan agar kita tidak melakukan pengeluaran yang tidak diperlukan yang dapat menyebabkan munculnya utang kartu kredit.

3. Mengejar Gadget Terbaru

Gadget terbaru mungkin akan selalu menggoda. Apalagi fitur yang diberikan akan semakin canggih atau adanya prestise ketika kita membawanya. AKan tetapi, gadget model lama atau keluaran tahun lalu sebetulnya masih berfungsi dengan baik.

Warren Buffett sendiri memiliki reputasi di mana ia lebih berpegang teguh pada teknologi yang benar-benar fungsional daripada yang mencolok. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli gadget baru ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apakah pembaruan spesifikasi yang terbaru benar-benar memberikan nilai tambah yang sesuai dengan harganya atau tidak.

4. Berbelanja Berlebihan pada Pakaian

Warren Buffett dikenal cenderung memiliki kesederhanaan dalam pemilihan pakaian. Ia lebih memilih pakaian klasik yang tahan lama daripada merek yang mencolok dan mahal untuk menghasilkan penghematan yang signifikan.

5. Membeli Mobil Baru

Anda tentu sudah mengetahui bahwa harga mobil akan turun dengan cepat. Oleh karena itu, Warren Buffett cenderung merekomendasikan untuk membeli mobil bekas dan menggunakannya selama masih dapat diandalkan, daripada harus membeli model mobil yang baru.

6. Tidak Bisa Terlepas dari Layanan Berlangganan yang Tidak Diperlukan

Saat ini ada banyak layanan yang memerlukan biaya langganan. Hal itu mungkin memudahkan kita agar tetap bisa menikmati hiburan dengan nyaman. Akan tetapi, jika kita asal membayar biaya langganan tanpa memantau pengeluaran dengan hati-hati justru dapat menguras keuangan Anda. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda selalu memantau layanan berlangganan yang tidak diperlukan dan tidak memberikan nilai tambah untuk Anda.

7. Terlalu Tergantung pada Produk Perawatan Kulit

Warren Buffett menyarankan agar kita sebaiknya tidak menggunakan produk perawatan kulit secara berlebihan, apalagi pada hal-hal yang tidak diperlukan. Lebih baik kita menemukan rutinitas perawatan kulit yang sederhana dan efektif agar bisa menghemat uang sekaligus merawat kulit Anda.

8. Berjudi

Meski judi tampaknya memang seperti jalan pintas untuk meraih kekayaan, Warren Buffett menekankan pentingnya kita memahami peluang. Ia juga menyarankan bahwa sebaiknya kita membuat keputusan keuangan yang mendukung akumulasi kekayaan jangka panjang dan bukan kesenangan sesaat.

9. Hobi Melakukan Kegiatan Sosial yang Tidak Diperlukan

Pengeluaran untuk kegiatan sosial seperti minum kopi di kafe tentu bisa bertambah. Oleh karena itu, jika Anda benar-benar harus melakukannya, pilihlah pertemuan atau kegiatan sosial yang lebih terjangkau, seperti kumpul-kumpul di rumah agar membantu Anda tetap menghemat uang secara signifikan.

10. Tidak Menggunakan Keanggotaan Gym

Warren Buffett mempromosikan gaya hidup yang aktif secara fisik, tapi memperingatkan terhadap keanggotaan gym yang tidak digunakan. Selain membuat Anda jadi boros karena harus mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak Anda gunakan, masih banyak jenis olahraga kebugaran yang gratis atau murah dan sama efektifnya ketika dilakukan secara teratur.(*)