BEI Rencana Luncurkan Papan Ekonomi Baru 5 Desember 2022

2022-11-26T07:27:56.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

Ilustrasi logo Bursa Efek Indonesia
Ilustrasi logo Bursa Efek Indonesia

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan segera meluncurkan papan ekonomi baru (new economy dalam waktu dekat. Direktur Utama BEI Iman Rachman menuturkan, papan baru itu akan diluncurkan pada 5 Desember 2022.

"Ini masih hangat, kami baru saja menerima surat dari OJK terkait dengan persetujuan papan new economy. Kita akan luncurkan new economy 5 Desember," kata dia dikutip Sabtu, 26 November 2022. 

BEI memang telah cukup lama merumuskan papan ini. Sebelumnya, Iman menjelaskan papan ini setara papan utama dari sisi kapitalis pasar. Bedanya, perusahaan pada papan ini masih memiliki catatan pada kinerja keuangannya. Papan ini nantinya akan lebih akomodasi perusahan berbasis teknologi.

"Banyak perusahaan teknologi atau e-commerce yang sebenarnya eligible secara market cap untuk masuk papan utama tapi financial masih rugi. Jadi belum bisa masuk papan utama, maka disediakan papan new economy," ujar Iman.

Papan ekonomi baru berlaku bagi calon perusahaan tercatat yang memenuhi karakteristik tertentu dengan kriteria. Di antaranya yang pertama, memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi.

Kriteria kedua, yakni menggunakan teknologi untuk menciptakan inovasi produk atau jasa yang meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi serta memiliki kemanfaatan sosial yang luas. Ketiga, perusahaan masuk ke dalam bidang usaha yang sedang berkembang yang ditetapkan lebih lanjut melalui Surat Edaran Bursa. (*)