Balas Kekalahan di China, Samsung Fokus ke Ponsel Premium

2023-07-28T22:45:40.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

Ilustrasi logo Samsung
Ilustrasi logo Samsung

SEOUL - Samsung Electronics produsen ponsel terkemuka di dunia, melaporkan kemajuan positif dalam penjualan ponsel di pasar China. Kemajuan ini didapat setelah beberapa waktu Samsung tertinggal oleh beberapa pesaing lokal dan internasional.

TM Roh, kepala divisi seluler Samsung Electronics, mengungkapkan bahwa perusahaan telah mengambil langkah-langkah strategis untuk mendekati konsumen China dengan produk yang relevan dan sesuai dengan preferensi pasar lokal.

Samsung juga berusaha menelisik pola tren permintaan ponsel pintar di pasar global. Diketahui tren pasar di China cenderung meminati ponsel pintar premium dengan spesifikasi mumpuni dan daya tahan yang unggul. Permintaan terhadap ponsel pintar premium terus meningkat, melebihi permintaan untuk model yang lebih sederhana.

"Kami berupaya menjangkau konsumen China dengan produk yang sesuai dengan pasar China, melalui pengoptimalan perangkat lunak yang sesuai dengan pasar China, dan saya pikir hasilnya akan keluar sedikit demi sedikit," ujar Roh, dilansir Reuters, Rabu 27 Juli 2023.

Salah satu fokus utama Samsung adalah menghadirkan produk dan layanan premium yang menarik bagi konsumen China. Peluncuran ponsel lipat andalan dengan versi terbaru menjadi salah satu langkah penting dalam upaya ini.

Selain meningkatkan portofolio produk, Samsung juga berusaha memperkuat kerjasama dengan perusahaan lokal. Kolaborasi ini diharapkan akan meningkatkan nilai tambah bagi pengalaman pengguna di China.

Pada beberapa tahun sebelumnya, Samsung pernah memegang posisi sebagai Merk ponsel pintar terbesar di China dengan pangsa pasar sekitar 20% pada tahun 2013. Namun, persaingan ketat dengan Apple dan beberapa produk ponsel lokal seperti Xiaomi, Oppo, dan Huawei menyebabkan pangsa pasar mereka menurun drastis menjadi 1% pada tahun 2018. Sejak saat itu, Samsung telah bekerja keras untuk mengatasi tantangan ini dan mencatat perbaikan signifikan.

Samsung, sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan produk yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen. Perusahaan juga berencana untuk merilis ponsel lipat dengan harga yang lebih terjangkau sebagai upaya untuk menarik lebih banyak pelanggan, termasuk di pasar China dan India.

Pekan ini Samsung mengumumkan hasil keuangan kuartal kedua mereka sebagai bagian dari upaya transparansi dan memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan.

Dengan strategi yang kuat dan komitmen untuk menciptakan produk berkualitas, Samsung Electronics berharap untuk mencatat lebih banyak kemajuan di pasar global.(*)