YouTube Berikan Reward Tambahan Lencana untuk Pelanggan Premium

Yunike Purnama - Sabtu, 08 Juli 2023 18:29
YouTube Berikan Reward Tambahan Lencana untuk Pelanggan PremiumIlustrasi aplikasi YouTube (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - YouTube adalah salah satu platform yang menyediakan konten video dengan cara yang gratis. Pengguna yang tidak berbayar atau melakukan upgrade ke Premium tetap bisa mengakses konten video di YouTube, tapi harus paham dengan konsekuensinya yaitu adanya iklan yang tayang di saat sedang menonton video.

Jika Anda tidak mampu menoleransi adanya iklan di konten video yang Anda tonton, Anda bisa melakukan pembayaran untuk berlangganan Premium. 

YouTube Premium memiliki beberapa keunggulan atau manfaat yang sebelumnya tidak tersedia bagi pengguna yang gratis. Platform video yang dikelola oleh Google telah lama mencoba meyakinkan pelanggan mengenai manfaat Premium sambil memberikan berbagai fitur baru seperti video queueing dan streaming video 1080p yang lebih baik. Selain itu, pelanggan premium sekarang juga bisa melihat lencana baru berdasarkan aktivitas mereka di YouTube.

Seperti yang dilansir dari laman 9to5Google, pengguna dilaporkan menerima kartu di beranda aplikasi YouTube di Android yang bertuliskan ‘Congrats on your new badge!’. Dengan mengetuk lencana tersebut akan membuka halaman yang merinci pencapaian Anda dengan beberapa lencana lainnya untuk dipilih.

Pengguna dapat menemukan lencana ini secara manual dengan mengetuk foto profil mereka di pojok kanan atas aplikasi YouTube di perangkat Android lalu buka ‘Your Premium benefits’. Namun ternyata lencana ini tampaknya belum dimunculkan di YouTube versi web.

Lencana pertama yang akan dilihat oleh sebagian besar pelanggan adalah Team Premium, yaitu lencana yang artinya sudah menjadi pelanggan YouTube. Lencana lainnya yaitu Enthusiast, Gold listener, Platinum listener, Continuity champ dan masih banyak lagi. Pelanggan lama juga dapat membuka lencana seperti 10 million club yang diterima saat Anda menjadi salah satu dari 10 juta anggota pertama Premium dan lencana Trailblazer diberikan kepada pengguna yang sudah bergabung dengan YouTube Premium dalam waktu dua tahun sejak peluncurannya.

Google sendiri masih belum membuat pengumuman resmi mengenai lencana untuk anggota Premium tersebut. Itu artinya masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang perusahaan miliki untuk fitur tersebut. 

Tambahan lencana ini tampaknya membawa kabar baik bagi YouTube, setelah YouTube baru-baru ini berupaya membatasi pemutar video bagi orang-orang yang menggunakan pemblokir iklan. Pendekatan terhadap pelanggan gratisan atau non Premium ini akan memaksa mereka untuk menonton iklan atau membayar langganan Premium.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur lencana di YouTube Premium. Apakah Anda setuju dengan kebijakan ini atau justru jadi ingin mengupgrade langganan ke Premium?(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS