5 Rekomendasi Pekerjaan Digital Nomads

Yunike Purnama - Sabtu, 08 Juli 2023 16:56
5 Rekomendasi Pekerjaan Digital NomadsRekomendasi pekerjaan sebagai Digital Nomads. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Semenjak pandemi Covid-19 yang melanda dua tahun silam, banyak orang  mulai nyaman bekerja di rumah. Bahkan dikutip dari Forbes, terdapat penelitian yang menyebutkan akan ada 35,7 juta warga Amerika yang memilih bekerja di rumah atau digital nomad pada tahun 2025 mendatang.

Tren ini menjadi semakin meningkat dan meluas belakangan ini. Mereka dapat bekerja dimana saja hanya dengan gawai dan sinyal internet. Hal tersebut didukung dengan kebijakan perusahaan yang memungkinkan pegawainya bekerja tanpa perlu ke kantor dan pergeseran nilai yang terjadi di masyarakat. Mengutip Forbes, kebanyakan orang sekarang ini bekerja tidak untuk mencari uang namun untuk mencari pengalaman. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah rekomendasi pekerjaan sebagai Digital Nomads.

1. Desain grafis

Bagi kamu yang memiliki kemampuan desain grafis, saat ini banyak sekali platform untuk menjual karyamu. Cukup bekerja di rumah dan buat karya sebaik mungkin lalu posting di platform tersebut, uang akan mengalir dengan sendirinya. Ada juga situs freelance untuk mempromosikan jasamu seperti fiverr dan fastwork. Bahkan kamu bisa memperoleh jumlah uang lebih banyak karena bisa mencari pasar dari orang luar negeri. Nantinya kamu akan mendapatkan upah dengan mata uang dolar.

Jenis desain grafisnya pun bermacam-macam. Kamu bisa menawarkan jasa membuat logo, poster, bahkan gambar kaos.

2. Asisten virtual

Salah satu pekerjaan yang belakangan cukup berkembang adalah asisten virtual. Tugas asisten virtual antara lain adalah membantu klien dalam urusan administratif secara online. Selain itu, ada juga asisten virtual yang bertugas membantu urusan pembukuan, mengelola email, mengatur jadwal, mengatur perjalanan, data entry, dan memposting di media sosial klien. 

Semuanya tergantung dengan kebutuhan dan kesepakatan dengan klien.

3. Affiliate Marketing

Kegiatan dari affiliate marketing adalah mempromosikan produk maupun jasa dari pihak ketiga pada calon pelanggan secara daring. Kamu akan mendapatkan uang dari pekerjaan ini dari setiap penjualan yang berhasil dilakukan. Kamu dapat melakukannya lewat media sosial, email marketing,  blog, dan lain sebagainya. Agar dapat sukses dalam affiliate marketing, kamu memerlukan skill dalam membuat strategi dan analisis yang mumpuni agar menjangkau pasar.

4. Dropshipper

Pekerjaan ini sudah lama dilakukan oleh banyak orang. Kelebihan dari pekerjaan ini adalah kamu dapat menjual barang tanpa memiliki barang tersebut. Selain itu, kamu dapat melakukan pekerjaan ini cukup dengan jaringan internet. Kamu hanya perlu mencari supplier yang terpercaya agar menjaga kualitas produk yang kamu tawarkan. Walau bukan barangmu, kamu dapat menjualnya dengan nama toko mu sendiri.

Selain itu kamu harus memiliki kemampuan menawarkan dan menjual produk.

5. Menjual foto

Seperti desain grafis, pertumbuhan teknologi sekarang ini memungkinkan orang untuk menjual hasil foto tangkapannya secara daring. Banyak sekali situs yang menawarkan hal tersebut dengan komisi berupa uang dolar. Kamu bisa menjual hasil fotomu dengan berbagai genre di situs-situs seperti iStock, Getty Image, Etsy, dan lain sebagainya. Banyak tips dan trik yang dibagikan di internet untuk mendapatkan hasil maksimal dari menjual foto secara daring yang bisa kamu ikuti.

Bekerja secara daring mempunyai sejumlah kelebihan. Kamu bisa bekerja dimana saja tanpa terikat jam dan tempat. Bahkan terdapat sejumlah negara yang mengeluarkan visa khusus untuk para digital nomads seperti Brasil dan bahkan Indonesia.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS