Wisuda 604 Sarjana Baru, Rektor ITERA Paparkan Prestasi Tingkat Lokal hingga Internasional

Eva Pardiana - Sabtu, 15 Juli 2023 12:38
Wisuda 604 Sarjana Baru, Rektor ITERA Paparkan Prestasi Tingkat Lokal hingga InternasionalInstitut Teknologi Sumatera (ITERA) melahirkan 604 sarjana baru dalam Wisuda Periode ke-15 yang dilaksanakan di Aula Gedung Kuliah Umum ITERA, Sabtu, 15 Juli 2023. (sumber: Tangkapan Layar YouTube @InstitutTeknologiSumatera)

LAMPUNG SELATAN – Institut Teknologi Sumatera (ITERA) kembali melahirkan sebanyak 604 sarjana baru dalam Wisuda Periode ke-15 yang dilaksanakan di Aula Gedung Kuliah Umum ITERA, Sabtu, 15 Juli 2023. Sejak wisuda pertama pada tahun 2016 sampai dengan wisuda ke-15, ITERA telah meluluskan sebanyak 4.222 orang.

Sebanyak 604 wisudawan dalam Wisuda ke-15 ITERA terdiri dari 117 lulusan Jurusan Sains, 204 lulusan Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan dan 283 lulusan Jurusan Teknologi Produksi dan Industri.

Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha pada kesempatan tersebut menyampaikan ITERA berkomitmen untuk berperan sentral dalam menghasilkan SDM unggul melalui program akademik yang selalu di-upgrade dengan konsep continuous improvement sesuai perkembangan IPTEK dan peradaban.

Kurikulum berbasis konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digulirkan oleh kementerian Dikbud-Ristek diharmoniskan secara sungguh-sungguh dalam penyelenggaraan kegiatan akademik kemahasiswaan.

"Program ini kami pandang relevan dan positif dalam mengantisipasi perubahan peradaban di era digital yang ditandai dengan kondisi VUCA yaitu volatile, uncertain, complex dan ambigue," ungkap Rektor Nyoman.

Pada tahun 2022 ITERA memperoleh apresiasi dari kelembagaan sebagai perguruan tinggi baru yang mendapatkan 4 pendanaan PKKM sekaligus yaitu 2 pendanaan PKKM on going untuk prodi Teknik informatika dan Teknik Sipil serta 2 pendanaan baru ISS-MBKM dan Prodi Biologi.

Nyoman menambahkan, pada tahun 2023 ITERA mendapatkan kembali hibah PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) on going yaitu Program Studi Biologi dan pendanaan baru hibah PKKM untuk program studi Kimia.

"Harapan kami Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka dapat berjalan dengan maksimal di ITERA sesuai amanat Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bahwa program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka menjadi salah satu program unggulan pemerintah dalam mengatasi permasalahan dunia pendidikan tinggi saat ini, yaitu penyerapan tenaga kerja dan relevansi lulusan dengan dunia industri," ujarnya.

Prestasi ITERA di Tingkat Lokal hingga Internasional

Nyoman mengatakan berbagai prestasi yang mengharumkan nama ITERA juga berhasil diraih oleh mahasiswa ITERA dalam beberapa bulan terakhir.

Pada skala Internasional, Tim mahasiswa ITERA atas nama Radisya Ikhsan Prodi Teknik Lingkungan dan Muhammad Nadhif Athalla Prodi Teknik Informatika yang pada hari ini ikut melaksanakan prosesi Wisuda ke-15 Program Sarjana ITERA, serta rekannya Renaldi Manurung Prodi Perencanaan Wilayah Dan Kota, Naomi Jesika Sitompul Prodi Teknik Sipil, Muhammad Fathurrachman Septiana dan Mochamad Nafis Akmalussyifa Prodi Teknik Informatika, dan yang terakhir Matius Romoranda Sitopu Prodi Perencanaan Wilayah Dan Kota yang berhasil menjadi Winner of the Pollution Control Category IASI-Romania dan mendapatkan Medali Emas dalam ajang European Exhibition of Creatifity and Innovation (EUROINVENT) 2023 yang di Palace of Culture, Lasi, Romania.

Dua tim mahasiswa Prodi Teknik Biomedis juga berhasil meraih 2 Medali Perunggu dalam Ajang Biomedical Sciences and Engineering Exhibition di Malaysia. Proyek pertama berjudul “Innovation of safe distance detection glasses and cane for the visually impaired” atau inovasi kacamata dan tongkat deteksi jarak aman untuk penyandang tunanetra dengan anggota tim Adithia Novliantoni, Adelia Putri, Eka Septi Fadilla, Maulana Dio Maherta, Azilfada Syakira R. Haifa, Wildan Firdaus, Kezia Rachel dan Romayani.

Sementara itu, tim kedua berjudul “Design and development of a stress detection system using fuzzy logic method based on arduino uno” atau perancangan dan pengembangan sistem deteksi stres menggunakan metode logika fuzzy berbasis arduino uno dengan tim yang terdiri dari David Lingga, Apriliana Damayanti, Kurnia Andromeda, May Eva Francisca, Aurelia Hanifah dan Widya Carissa.

Tiga Mahasiswa Program Studi Teknik Biomedis berhasil terpilih mengikuti Program Internasioal IEEE EMBS Student MentoringProgram 2023 yaitu Oka Amanda, Nur Aida Wass’atu sakdiah dan Maharani Jati Kesumaningsrum.

Dan Tim Kukang EV ITERA kompetisi mobil hemat energi Shell Eco-marathon Asia 2023, beranggotakan 16 mahasiswa yang didominasi dari Prodi Teknik Elektro ITERA yaitu Fandilla DP sebagai manajer tim, Iwan santoso, Ahmad Yusuf, Dani Raja Pandapotan S, Arif Nur A Risman, Sigit Setiawan Salim, Ahmad Fajar, Riki Bastian, Abdul Surohkman, Rangga Andika Fadillah, Sidiq akhmad Cholid, Arif Kurnia Ramadhan, indrianto Senoaji, Harun Al Rasyid, dan Ramdesh Gustiar. Sementara satu anggota lain, Muhammad Faturrahman dari Prodi Teknik Perkeretaapian, dengan advisor Purwono Prasetyawan, S.T., M.T., dosen Prodi Teknik Elektro.

Pada skala Nasional, Mahasiswa Prodi Sains Lingkungan Kelautan atas nama Indri Nurliyanti berhasil meraih Juara 1 Kategori Poomsae dalam Ajang Kompetisi Mok’s Taekwondo Championship 4 Piala Pangdam II Sriwijaya.

Mahasiswa Program Studi Teknik Fisika, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), atas nama Azral Mardin berhasil meraih medali perunggu Medali Perunggu Cabor Panahan Tradisional dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional VII yang berlangsung di Jawa Barat pada 4 Juli 2023. Dari hasi pertandingan tersebut, Azral Mardin akan mewakili Indonesia pada perhelatan internasional yang digelar September mendatang.

Dan skala Lokal yaitu Tim mahasiswa IPSITERA mendapatkan Medali Emas kategori Seni Tunggal Putra atas nama Yudi Setiawan prodi Teknik Material, mendapatkan Medali Perak kategori Tanding Putra atas nama Dentar Jihad Maesa prodi Teknik Fisika, mendapatkan Medali Perak kategori Tanding Putri atas nama Diyu Pakerti Osami Prodi Perencanaan Wilayah dan kota dan atas nama Nia Ahmadia Sumardi Prodi Sains Aktuaria serta mendapatkan Medali Perunggu kategori Tanding Putra atas nama Addira Suharuddin Prodi Teknik Telekomunikasi dan mendapatkan Medali Perunggu kategori Tanding Putri atas nama Vista Sari Afifah dan Syifa Auliyah Prodi Teknik Biomedis dalam Kejuaraan “Pencak Silat Budi Utomo Championship 1 Kota Metro Tahun 2023”

Tim mahasiswa Ikatan Hapkido ITERA berhasil mendapatkan 9 Medali dalam Kejuaraan Daerah Hapkido Lampung Tahun 2023 yang digelar di UIN Sport Center Lampung diantaranya, Mendali Emas dari Kategori Tunggal yaitu sebagai Juara 1 kategori Hyung Senior Advance Unisex oleh Tiara Chandra Kirani Prodi Teknik Elektro, Dorothea Dhea Ragina Boynita Br Purba Prodi Teknik Biomedis Juara 1 Hyung Senior Beginer, dan Jaya Saputra Prodi Teknik Fisika sebagai juara 1 Hyung Senior Beginer Male.

Medali emas lainnya disumbangkan dari kategori kelompok yang diperoleh Tiara Chandra Kirani Prodi Teknik Elektro dan Berlian Chandra Kirana Prodi Teknik Fisika sebagai Juara 1 Hosinsul Senior Authorized dan Juara 1 Hosinsul Free Advance Senior Putri, serta Robi Nugroho Raharjo Prodi Teknik Biomedis dan Hudan Khalish Nuhan Prodi Teknik Biomedis sebagai juara 1 Hosinsul Senior Free Beginner Unisex. Sementara satu medali perak diraih oleh Rifqi Dwi Candra Prodi Teknik Telekomunikasi setelah menjadi juara 2 Hyung Senior Advance Unisex. Untuk dua medali perunggu disumbangkan oleh Aurelia Hanifah Prodi Teknik Biomedis sebagi juara 3 Hyung Senior Beginer, dan Amilia Rahmawati Prodi Teknik Biomedis sebagai juara 3 Daeryun Under 47 Female.

Tim Komunitas Olahraga Petanque ITERA mendapatkan Medali Emas kategori Man Double atas nama Fiqri Aldiansyah Prodi Teknik Informatika dan Adrian Geraldo Prodi Teknik Geologi dan mendapatkan Medali Perunggu kategori Man Double atas nama Sonder Manahan Berutu Prodi Rekayasa Kehutanan dan Aidil Rahmat Hakim Ekly Prodi Teknik Perkeretaapian dalam Ajang Exhibition Olahraga Petanque Antaruniversitas Se-Provinsi Lampung Tahun 2023 di Universitas Lampung.

Tim UKM ITERA Archery meraih dua medali emas yang masing-masing diraih Wahid Salahudin Prodi Teknik Fisika sebagai Juara 1 Kategori Barebow Putra, dan Ratu Ajeng Fadila Husen Prodi Matematika sebagai Juara 1 Kategori Barebow Putri. Selain dua emas, tim ITERA juga meraih juara 4 yang diperoleh Bintang Cahya Nirwana Prodi Arsitektur Lanskap dalam ajang Panahan Lampung Sirkuit 1 Tingkat Provinsi Lampung

Selanjutnya, mahasiswa ITERA Prodi Sains Aktuaria atas nama Bagas Arya Ariyanto dan mahasiswa ITERA Prodi Sains Aktuaria atas nama Senopondha Widi Maulana yang pada hari ini ikut melaksanakan prosesi Wisuda ke-15 Program Sarjana ITERA berhasil mendapatkan Juara 1 Karya Aplikasi Lampungku serta mahasiswa ITERA Prodi Teknik Lingkungan atas nama Andra Fadillah yusuf yang berhasil mendapatkan Juara 2 Karya Aplikasi Telusur pada Lomba Conceptual Design Aplikasi Wisata Lampung Ajang Begawi 2023.

Selain Mahasiswa para dosen ITERA juga aktif dalam meraih berbagai prestasi yang mengharumkan nama ITERA beberapa bulan terakhir.

Harits Setyawan, dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera (ITERA), ukir prestasi di level internasional. Pada tahun 2022, Harits menerbitkan sebanyak 61 buku dan berhasil menjadi orang yang melakukan penerbitan buku terbanyak dalam kurun waktu 1 tahun se-Asia sehingga dianugerahi gelar Grandmaster oleh Asia Book of Records. 

Sebelumnya, ia juga pernah meraih penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia (LEPRID) dan Indonesia Book of Records (IBOR).

"Prestasi-prestasi yang diperoleh mahasiswa dan dosen merupakan indikator yang sangat membanggakan dan memantapkan keyakinan kami bahwa ITERA sedang tumbuh dan berkembang menjadi perguruan tinggi iptek masa depan, sebagai lokomotif kemajuan bangsa Indonesia khususnya di wilayah Barat. Kami mengajak para pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat khususnya di Lampung untuk terus mendukung kemajuan ITERA agar dapat berkinerja dan breprestasi maksimal," tutup Rektor Nyoman. (*)

RELATED NEWS