WhatsApp Hadirkan Update Baru dari Fitur Edit Pesan di Iphone

Yunike Purnama - Minggu, 02 Juli 2023 17:16
WhatsApp Hadirkan Update Baru dari Fitur Edit Pesan di IphoneFitur edit chat atau edit pesan sekarang resmi dapat tersedia di Apple iPhone yang memungkinkan pengguna untuk mengedit chat yang sudah terlanjur terkirim. (sumber: Unsplash)

BANDARLAMPUNG - WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. WhatsApp juga selalu memberikan update fitur terbarunya agar semakin memudahkan pengguna menggunakan aplikasi tersebut, salah satunya yaitu fitur edit pesan.

Setelah menguji fitur Edit dalam versi beta selama beberapa bulan baik di ponsel Android dan iOS, perusahaan meluncurkan fitur tersebut di ponsel Android dalam build yang sudah stabil. Akan tetapi, para pengguna iOS masih menunggu fitur tersebut tiba. Aplikasi perpesanan instan milik Meta tersebut akhirnya juga meluncurkan fitur ini di iOS.

Fitur edit chat atau edit pesan sekarang resmi dapat tersedia di Apple iPhone yang memungkinkan pengguna untuk mengedit chat yang sudah terlanjur terkirim. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan koreksi teks, memperbaiki kesalahaan eja yang umum, typo, dan juga menambahkan lebih banyak konteks ke pesan setelah pengguna mengirimkannya. Fitur edit chat ini juga akan mencegah pengguna menghapus seluruh pesan dan kemudian mengirim pesan lagi.

Meski begitu, WhatsApp telah menetapkan batas waktu 15 menit. Hal ini berarti pesan yang sudah terkirim hanya akan diedit hingga lima belas menit dari waktu pengirimannya. 

Cara Kerja Fitur Edit Pesan di WhatsAp

Fitur edit pesan WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengubah atau memperbaiki pesan yang sudah terkirim. Baik itu memperbaiki kesalahan ketik, mengoreksi informasi, atau menambahkan lebih banyak konteks, fitur ini sangat berguna apalagi bagi Anda yang sering menulis typo ketika mengirim chat.

Cara menggunakannya juga cukup sederhana, yaitu cukup tekan beberapa saat pada pesan yang ingin Anda edit dan pilih opsi ‘Edit’ dari menu. Penting untuk dicatat bahwa fitur ini tidak hanya berfungsi di obrolan individual tetapi juga di obrolan grup.

Tidak hanya itu, WhatsApp baru-baru ini juga menambahkan Privacy Dashboard baru ke aplikasi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melacak semua pengaturan privasi mereka di platform. Privacy Dashboard ini hadir dengan semua opsi privasi di satu tempat dan juga memungkinkan pengguna untuk melakukan perubahan dan menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan mereka.

Apakah Pengguna Lain Bisa Mengetahui Bahwa Pesan Anda Sudah Diedit?

Jika Anda berkeinginan untuk mengedit pesan atau chat di WhatsApp secara diam-diam, Anda mungkin akan kecewa karena mengedit pesan yang terkirim ternyata tidak bisa dilakukan dengan rahasia. Ketika Anda mengirim pesan yang sudah diedit sebelumnya, Anda akan melihat penanda di sebelah waktu pesan WhatsApp telah diedit.

Meskipun tidak ada batasan mengenai seberapa banyak pesan WhatsApp yang dapat Anda edit, tanda ‘edited’ ini akan muncul di bagian bawah pesan untuk memberitahu penerima bahwa pesan tersebut telah diedit tanpa menunjukkan riwayat pembaruan.

Tidak hanya fitur-fitur tersebut, WhatsApp juga memberikan pembaruan lainnya seperti menambahkan tautan atau link panggilan WhatsApp ke aplikasi Calendar yang ada di iOS dengan memilih ’Add to Calendar’ ketika pengguna membuat tautan panggilan dari Calls Tab.

Namun, jika Anda tidak dapat melihat fitur-fitur tersebut di iPhone, kemungkinan besar Anda masih menggunakan WhatsApp versi lama. Oleh karena itu, pastikan Anda telah memperbarui WhatsApp ke versi terbaru untuk mendapatkan semua fitur baru yang sudah tersedia.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS