Waspada! Berikut 5 Ciri Akun Diretas oleh Hacker

Yunike Purnama - Kamis, 10 Agustus 2023 14:22
Waspada! Berikut 5 Ciri Akun Diretas oleh HackerTanda-tanda akun Anda telah dihack oleh hacker (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Kita semua tentu sudah akrab dengan internet. Tidak bisa dipungkiri, adanya internet memudahkan kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Akan tetapi, Anda tetap harus waspada. Pasalnya, sekarang sudah banyak terjadi pelanggaran dan peretasan data yang terjadi dalam berbagai bentuk dan bermanifestasi dalam berbagai cara.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami tanda-tanda peringatan yang dapat menjadi peringatan bahwa Anda telah diretas oleh hacker.

Tanda-tanda akun Anda telah dihack oleh hacker

Berikut beberapa pertanda yang harus Anda waspadai yang bisa jadi akun Anda telah diretas.

1. Anda Memperoleh Email Pengaturan Ulang Password

Salah satu tanda yang jelas adanya cyber hack atau akun Anda diretas adalah ketika Anda menerima email tentang pengaturan ulang kata sandi atau password yang tidak Anda minta. Pengaturan ulang password yang tidak Anda minta ini bisa jadi dilakukan oleh hacker sebagai upaya untuk mengatur ulang kata sandi Anda dan mengakses akun Anda. Oleh karena itu, jangan pernah menanggapi pengaturan ulang password yang tidak Anda minta.

Selain itu, email ini juga bisa menjadi upaya phishing, di mana pengirim email mencoba membujuk Anda untuk memasukkan data pribadi. Untuk itu, selalu periksa alamat email pengirim untuk memastikan bahwa email tersebut berasal dari pengirim yang Anda kenal dan alamat email tersebut tidak dalam format yang tidak biasa.

2. Muncul Popup

Jika Anda menerima berbagai pop up di browser yang biasanya Anda tidak terima, ini adalah suatu tanda yang jelas bahwa komputer atau sistem Anda telah disusupi. Menu popup ini paling sering terlihat sebagai peringatan antivirus, tapi juga bisa datang dalam berbagai jenis popup lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda mungkin perlu menghapus aplikasi dan toolbar yang baru-baru saja Anda download. Menu popup ini juga bisa menjadi suatu pertanda telah terjadi pelanggaran di sistem yang harus segera ditangani.

3. Kontak Anda Menerima Pesan Palsu dari Anda

Tanda peringatan adanya peretasan ada akun Anda adalah ketika kontan atau orang terdekat Anda melaporkan bahwa mereka menerima pesan atau email palsu yang mengaku berasal dari Anda. 

Jika email tersebut berasal dari alamat email asli Anda, maka itu artinya Anda hampir pasti telah diretas. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan ketika mengalami hal ini adalah mencoba menjalankan pemindaian antivirus lengkap baik di komputer atau ponsel Anda. Anda juga bisa menghapus bilah toolbar atau program yang tidak diinginkan.

4. Pencarian di Internet yang Dialihkan

Jika Anda mengalami pencarian internet yang dialihkan, itu pertanda kuat bahwa mesin pencari atau search engine Anda terinfeksi oleh perangkat lunak berbahaya (malware). Anda mungkin mengklik hasil penelusuran dan dialihkan ke laman yang seharusnya tidak Anda telusuri. Bahkan, bisa jadi Anda menelusuri istilah tertentu dan mendapatkan hasil yang sangat berbeda.

5. Pesan Ransomware

Pemberitahuan ransomware adalah pesan yang benar-benar tidak menyenangkan untuk diterima. Serangan ransomware umumnya terjadi ketika malware diinstal pada sistem Anda yang menyebabkan data Anda terkunci dan peretas meminta Anda membayar uang tebusan untuk membuka kunci tersebut.

Sebagian besar korban akhirnya membayar uang tebusan. Akan tetapi, meski hal itu dilakukan, seringkali ada periode waktu henti yang lama sekaligus langkah tambahan yang diperlukan untuk memulihkan sistem Anda. Jika Anda menjadi korban ransomware, Anda bisa berkonsultasi dengan profesional di bidang teknologi informasi untuk melakukan langkah selanjutnya.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS