Waspada! 5 Penipuan ChatGPT yang Harus Anda Ketahui

Yunike Purnama - Senin, 04 September 2023 09:32
 Waspada! 5 Penipuan ChatGPT yang Harus Anda KetahuiChatGPT adalah produk dari OpenAI yang fenomenal dan digunakan oleh banyak orang di berbagai negara di dunia. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - ChatGPT adalah produk dari OpenAI yang fenomenal dan digunakan oleh banyak orang di berbagai negara di dunia. Kepopuleran chatbot ini dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Akan tetapi, popularitas chatbot kini dimanfaatkan oleh penjahat dunia maya yang ingin menipu pengguna yang tidak curiga.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja penipuan yang memanfaatkan ChatGPT, seperti berikut ini.

Jenis-jenis Penipuan ChatGPT yang Harus Anda Ketahui

Berikut beberapa penipuan yang memanfaatkan ChatGPT yang perlu Anda ketahui

1. Penipuan Email ChatGPT

Email adalah salah satu alat yang digunakan oleh penipu selama bertahun-tahun, baik untuk menyebarkan malware, memeras korban, atau mencuri informasi berharga. Kini, ChatGPT juga bisa digunakan dalam penipuan email untuk mengelabui penerimanya.

ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk menulis suatu konten atau teks berdasarkan permintaan pengguna, termasuk penjahat di dunia maya. Mereka bisa memanfaatkan chatbot tersebut untuk menulis email phishing guna menipu korban.

2. Ekstensi Browser ChatGPT Palsu

Ekstensi browser adalah salah satu alat yang cukup populer dan mudah digunakan oleh banyak orang. Akan tetapi, ada juga ekstensi palsu dan berbahaya dari perangkat lunak yang asli yang digunakan untuk memasang malware dan mencuri data. Hal ini tidak berbeda dengan ChatGPT.

Ada berbagai ekstensi ChatGPT palsu yang mencuri informasi pengguna internet. Ekstensi ini dengan mudah dipasang di perangkat milik pengguna karena pengguna menyangka bahwa ekstensi itu benar-benar milik ChatGPT dari OpenAI. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan verifikasi keabsahan ekstensi ChatGPT sebelum mengunduh dan memasangnya.

3. Aplikasi ChatGPT Palsu

Seperti ekstensi browser, penjahat di dunia maya dapat mencatut nama ChatGPT untuk menyebarkan aplikasi berbahaya. Aplikasi berbahaya ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menyebarkan malware, mencuri data, dan memantau aktivitas perangkat. 

Oleh karena itu, untuk menjaga diri Anda aman dari aplikasi ChatGPT palsu, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu pada jenis program perangkat lunak tertentu untuk melihat apakah aplikasi tersebut memiliki reputasi positif atau tidak. 

4. Malware yang Dibuat oleh ChatGPT

Selain bermanfaat untuk bekerja sehari-hari, ChatGPT juga dapat digunakan dalam membuat malware. Seperti yang dilansir Trenasia.com dari Makeusof, pada awal tahun 2023, suatu bentuk malware berbasis Python diduga dibuat menggunakan ChatGPT, seperti yang dinyatakan dalam postingan suatu forum peretasan.

5. Situs Phishing ChatGPT

Serangan phishing sering kali dilakukan untuk menggunakan situs web jahat. Situs-situs ini dirancang untuk mencatat penekanan tombol apa saja yang Anda masukkan sehingga data berharga Anda dapat dicuri dan dieksploitasi. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tetap waspada saat menggunakan suatu situs, apalagi jika Anda menggunakan situs yang menyerupai situs ChatGPT resmi. (*)

Editor: Redaksi
Tags chatgptBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS