China Rencana Batasi Penggunaan Smartphone untuk Anak-Anak, Pakai Ponsel 40 Menit Sehari

Yunike Purnama - Senin, 04 September 2023 05:51
China Rencana Batasi Penggunaan Smartphone untuk Anak-Anak, Pakai Ponsel 40 Menit SehariChina mengusulkan langkah-langkah baru untuk membatasi waktu yang dihabiskan oleh anak-anak bermain ponsel. Hal ini untuk mencegah kecanduan terhadap internet, serta menumbuhkan moralitas yang baik dan nilai-nilai sosialis pada anak-anak. (sumber: Unsplash)

CHINA - China mengusulkan langkah-langkah baru untuk membatasi waktu yang dihabiskan oleh anak-anak bermain ponsel. Hal ini untuk mencegah kecanduan terhadap internet, serta menumbuhkan moralitas yang baik dan nilai-nilai sosialis pada anak-anak.

Usulan ini diajukan oleh Cyberspace Administration of China. Yang mana masyarakat diwajibkan untuk memiliki "mode minor" pada semua ponsel, aplikasi, dan app store mereka.

Mode minor ini akan membatasi waktu layar harian sampai maksimal dua jam per hari, berdasarkan pada kelompok usia pengguna perangkat.

Jika usulan ini disetujui, akan menjadi perluasan langkah-langkah yang diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir. Beijing memang telah merencanakan untuk membatasi waktu penggunaan smartphone pada anak-anak dan mengurangi paparan terhadap informasi yang tidak diinginkan.

Dalam draf aturan yang masih terbuka untuk diskusi publik sampai 2 September 2023, anak-anak dan remaja yang menggunakan perangkat dalam mode minor akan secara otomatis melihat aplikasi online ditutup saat batas waktu penggunaan telah habis.

Tidak hanya itu, mereka juga akan ditawati konten berbasis usia. Untuk anak di bawah 18 tahun tidak dapat mengakses smartphone mereka pada pukul 10 malam dan pada pukul 6 pagi saat menggunakan mode minor.

Mereka hanya dapat menggunakan ponsel mereka selama 40 menit sehari. Sedangkan anak-anak usia rentang 16 sampai 18 tahun diperkenankan menggunakan ponsel selama dua jam per hari.

Menanggapi adanya usulan pembatasan waktu penggunaan ponsel pada anak-anak, para orangtua sangat mendukung. Mengingat kecanduan internet yang menjadi dampak dari penggunaan smartphone yang berlebih telah menjadi perhatian sosial utama dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, dalam rancangan ini, para penyedia layanan internet seluler juga diharuskan untuk aktif membuat konten yang menyebarkan nilai-nilai inti sosialis dan menumbuhkan rasa kebersamaan bangsa Tiongkok.

Tidak hanya untuk kebutuhan moral, upaya ini juga menjadi upaya perlindungan kesehatan bagi anak-anak, terutama kesehatan mata.

Miopia telah menjadi masalah kesehatan nasional di China. Para ahli mengaitkan prevalensi rabun jauh yang banyak dialami oleh anak muda dengan kurangnya paparan sinar matahari dan waktu penggunaan ponsel yang berlebihan.

China sebagai salah satu pengguna internet terbesar di dunia, dengan 1,4 miliar penduduk, sebanyak 1,07 miliar memiliki akses ke web. Dan terhitung sekitar satu dari lima pengguna internet adalah anak-anak berusia di bawah 19 tahun.(*)

Editor: Redaksi
Tags SmartphoneChinaBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS