Undip Wisuda 411 Mahasiswa Bidikmisi, Rektor: Bukti Pendidikan Bukan Hanya untuk Orang Kaya

Redaksi - Senin, 14 Agustus 2023 10:32
Undip Wisuda 411 Mahasiswa Bidikmisi,  Rektor: Bukti Pendidikan Bukan Hanya untuk Orang KayaUniversitas Diponegoro (Undip) berhasil mewisuda 411 lulusan baru dari program Bidikmisi pada acara wisuda ke-171. (sumber: Ist)

SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) berhasil mewisuda 411 lulusan baru dari program Bidikmisi pada acara wisuda ke-171. 

Program Bidikmisi, yang diinisiasi oleh pemerintah berhasil memberikan bantuan keuangan kepada calon mahasiswa yang memiliki potensi mumpuni namun terbatas secara ekonomi. Tujuannya adalah agar semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Sebagai universitas negeri sejak awal Undip telah berkomitmen untuk mendukung program Bidikmisi yang telah dijalankan oleh pemerintah. Misi utama dari Program Bidikmisi adalah mengembangkan harapan bagi individu yang kurang mampu secara finansial namun memiliki potensi akademik yang baik, dengan tujuan agar mereka bisa mengejar pendidikan hingga jenjang pendidikan tinggi dan berkontribusi dalam memutus mata rantai kemiskinan serta memberdayakan masyarakat.

Sementara itu, tujuan Program Bidikmisi sendiri memperluas akses dan peluang belajar di perguruan tinggi bagi para calon mahasiswa yang menghadapi keterbatasan ekonomi . Program ini memberikan bantuan finansial berupa biaya pendidikan kepada calon mahasiswa maupun yang sedang menempuh pendidikan program Diploma atau Sarjana, dengan harapan mereka dapat menyelesaikan studi tepat waktu.

Rektor menekankan keberhasilan lulusan Undip tidak hanya diukur dari jabatan atau materi, tetapi juga dari moralitas, keberanian, dan semangat peduli pada sesama.  

"Sukses sebagai alumni bukanlah tentang memiliki banyak harta atau jabatan tinggi, melainkan tentang menjadi individu yang jujur dalam perbuatan dan perkataan, adil dalam keputusan, berani berbicara benar sesuai nurani, dan memiliki kepedulian yang tulus pada sesama manusia," ujar Yos, dilansir dari undip.ac.id,  Senin 14 Agustus 2023.

Selain itu Program ini juga menjadi alat stimulan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa, baik dalam mata pelajaran akademik maupun dalam aktivitas ko-kurikuler dan ekstra kurikuler. Dengan menciptakan dampak positif bagi mahasiswa, diharapkan melalui program ini semakin banyak individu yang termotivasi untuk meningkatkan prestasi dan bersaing secara sehat. 

Bidikmisi juga berupaya menciptakan lulusan yang memiliki kemandirian, produktivitas, dan rasa peduli terhadap masyarakat. Dengan demikian, lulusan diharapkan mampu berperan dalam usaha untuk mengakhiri lingkaran kemiskinan dan ikut serta dalam pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh. Program Bidikmisi bukan hanya sekadar bantuan finansial, melainkan sebuah langkah nyata dalam mendukung individu kurang mampu dalam meraih pendidikan tinggi, serta melahirkan individu yang memiliki kompetensi, integritas, dan semangat untuk berkontribusi dalam mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi yang ada. 

Kelulusan mahasiswa Program Bidikmisi yang berhasil diwisuda memberikan bukti manfaat beasiswa ini untuk golongan kurang mampu. Undip juga memberikan sumbangsih penting dalam membentuk individu yang mandiri, berkualitas, dan memiliki peran vital dalam mengatasi persoalan kemiskinan dan memberdayakan masyarakat. Para lulusan diharapkan terus berjuang untuk meraih kesuksesan dengan integritas dan semangat tinggi, serta aktif berkontribusi dalam menghadapi tantangan zaman.(*)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS