Udah Coba Belum? WhatsApp Tambah Fitur Baru

Yunike Purnama - Jumat, 02 Juni 2023 05:40
Udah Coba Belum? WhatsApp Tambah Fitur BaruIlustrasi WhatsApp (sumber: Freepik )

BANDARLAMPUNG - WhatsApp juga terus menambahkan fitur baru, termasuk sistem username dan opsi berbagi layar selama panggilan video. 

Sistem username ini akan memudahkan pengguna untuk memilih nama unik yang akan dilampirkan ke akun mereka. Seperti yang dilaporkan oleh WABetaInfo, hal ini diketahui lewat versi beta aplikasi 2.23.11.15 untuk Android.

Fitur baru tersebut memungkinkan pengguna untuk menemukan pengguna lainnya melalui username, daripada menggunakan ponsel. Percakapan menggunakan username ini diharapkan tetap mendapat enkripsi secara end-to-end.

Fitur penggunaan username untuk menemukan pengguna lainnya ini tentu mengingatkan kita dengan sistem yang diterapkan oleh Line. Dengan menggunakan username, tentu jadi lebih aman karena orang lain yang bukan orang terdekat kita masih tetap terhubung dengan kita meski tidak memiliki nomor ponsel kita.

Selain itu, beta tester dari versi 2.23.11.19 juga menemukan fitur berbagi layar. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk berbagi konten pada layar mereka saat melakukan panggilan video.

Fitur tersebut juga memungkinkan pengguna untuk merekam panggilan tersebut. Fitur berbagi layar ini sebetulnya sudah ada di aplikasi saingan WhatsApp yaitu Telegram.

Beberapa penguji juga telah melaporkan adanya fitur arsip status. Namun, fitur tersebut dilaporkan hanya terbatas pada akun bisnis, yang memungkinkan pengguna mengarsipkan status WhatsApp setelah 24 jam dan dapat membagikannya kembali di masa yang akan datang.

Fitur arsip status ini tampaknya jadi mirip dengan fitur arsip Story di Instagram, di mana pengguna dapat menyimpan Story yang pernah diunggah lalu dibagikan lagi suatu waktu.

Fitur-fitur ini tampaknya sedang dikembangkan dan belum tersedia untuk semua penguji. Fitur tersebut mungkin secara bertahap akan diluncurkan ke pengguna.

Perubahan lainnya termasuk fitur pengingat kata sandi atau password baru untuk cadangan terenkripsi end-to-end di WhatsApp untuk iOS dan Android serta menyediakan adanya draft pesan. Fitur draft pesan ini diharapkan dapat membantu pengguna jika suatu saat lupa sedang menyusun pesan di tengah percakapan.

Meski begitu, lagi-lagi fitur draft pesan ini sudah ada di aplikasi Telegram jauh sebelum WhatsApp mengembangkannya. (*)

Editor: Redaksi
Tags WhatsApp fitur baruBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS