Twitter Hentikan Beri Akses TweetDeck untuk Pengguna Gratisan

Yunike Purnama - Rabu, 05 Juli 2023 17:38
Twitter Hentikan Beri Akses TweetDeck untuk Pengguna GratisanTwitter Hentikan Beri Akses TweetDeck untuk Pengguna Gratisan. (sumber: TweetDeck)

AS - Bagi Anda yang pengguna Twitter tentu sudah tidak asing lagi dengan TweetDeck. Dulu, TweetDeck sering dimanfaatkan oleh pengguna Twitter untuk mengirim tweet terjadwal, membuat list dari akun Twitter, dan masih banyak lagi.

Saat ini bagi Anda yang masih pengguna gratisan atau belum verified di Twitter, tampaknya Anda tidak lagi bisa mengakses TweetDeck. TweetDeck akan menjadi bagian selanjutnya dari Twitter yang dibatasi untuk diakses hanya bagi pengguna yang telah membayar untuk status verified.

Aplikasi tersebut akan memungkinkan pengguna untuk mengelola beberapa feeds dan hasil search dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah verified dalam 30 hari saja. Selain itu, versi baru TweetDeck juga telah tersedia serta ada tweet yang memberikan instruksi untuk memperbaruinya.

Pengumuman ini muncul dua hari setelah Elon Musk mengatakan bahwa pengguna akan dibatasi untuk membaca 600 postingan saja dalam sehari. Meski begitu saat ini batasan sudah ditingkatkan menjadi 1.000.

Penerapan kebijakan view limit yang diterapkan oleh Twitter ini kabarnya dilakukan untuk mengatasi data scraping yang ekstrem dan manipulasi sistem. Pembatasan ini juga dapat mengakibatkan para pengguna dikunci dari Twitter selama sehari setelah menggulir beberapa ratus tweet.

Beberapa hari usai kebijakan tersebut diterapkan, TweetDeck diatur menjadi layanan berbayar karena hanya akan tersedia untuk pengguna yang terverifikasi. Dalam sebuat tweet, Twitter mengatakan bahwa mereka juga membawa serangkaian fitur baru sekaligus memperingatkan kepada penggunanya dalam 30 hari pengguna harus diverifikasi untuk mengakses TweetDeck. Itu artinya, hanya pengguna berbayar atau pelanggan Twitter Blue saja yang bisa mengakses demi mendapatkan status akun terverifikasi.

Fitur Baru di TweetDeck

Menurut keterangan yang dipublikasikan oleh twitter, TweetDeck baru menawarkan fungsionalitas yang lebih baik dan menggabungkan berbagai fitur lebih banyak daripada yang pengguna lihat di Twitter.com Fitur baru ini mencakup Tweet Composer, fitur pencarian advanced, dan jenis kolom baru. Mereka juga memperkenalkan Decks, cara baru untuk mengelompokkan kolom ke dalam workspaces yang lebih bersih.

Selain itu, berbagai fitur yang disediakan oleh TwitterDeck yaitu membantu pengguna untuk join twitter Spaces, memberikan keleluasaan melihat urutan tweet sehingga pengguna dapat melihat tweet teratas atau tweet terbaru lebih dahulu di kolom. Decks yang disediakan juga memungkinkan pengguna untuk mengatur kolom ke dalam grup untuk memperoleh workspaces yang lebih bersih.

Video Docking juga memungkinkan pengguna untuk menonton video sambil melakukan tugas lainnya seperti mengakses konten di kolom yang sama dan mengubah Decks. Meski begitu, perlu diingat bahwa TweetDeck masih tidak tersedia untuk perangkat seluler.(*)

Editor: Redaksi
Tags Tweetdeck twitterBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS