Tujuh Hal Sederhana Ini Mampu Tingkatkan Kesehatan Mental

Yunike Purnama - Kamis, 31 Agustus 2023 19:05
Tujuh  Hal Sederhana Ini Mampu Tingkatkan Kesehatan Mental (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Jika Anda saat ini sedang dalam kondisi hati yang buruk, kebingungan, dan ingin meredakan ketegangan, ada beberapa praktik sederhana dan efektif untuk dicoba yang diklaim mampu membantu meningkatkan kesehatan mental Anda sekaligus meningkatkan semangat Anda saat Anda merasa sedih. 

Hal inilah yang diungkapkan oleh seorang psikolog klinis Natalie C. Dattilo, Ph.D, seorang instruktur di Harvard Medical School seperti yang dikutip Trenasia.com dari People pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Hal-hal Sederhana yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Menurut Natalie, ada hal-hal yang terbukti dapat kita lakukan secara gratis tapi sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Berikut penjelasannya.

1. Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Melakukan tindakan kebaikan dapat menjadi antidepresan alami. Bersikap baik kepada orang-orang di sekitar Anda ternyata dapat berdampak baik pada semangat Anda dengan cepat.

Tampaknya, orang-orang masih cenderung meremehkan betapa kebaikan kecil ternyata dapat berdampak baik pada perasaan mereka. Anda bisa mencoba melakukannya, misalnya dengan memberikan tempat duduk kepada seseorang di kereta, memberikan penjelasan dengan baik ketika diminta seseorang, dan sebagainya.

2. Pergi ke Luar

Cobalah untuk pergi ke luar rumah, berjalan-jalan di alam, baik di taman atau jalanan di sekitar rumah Anda. Hal ini dapat berdampak baik karena otak Anda ikut beristirahat. Berjalan kaki selama 15 menit di tengah alam yang hijau juga dapat berdampak besar pada suasana hati, jauh lebih besar jika dibandingkan ketika Anda berjalan di dalam lingkungan perkotaan.

3. Terhubung dengan Orang Lain

Kita semua membutuhkan seseorang untuk bersandar dan berbagi, baik di saat senang maupun sedih. Penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial semacam ini terbukti dapat mencegah depresi. 

Sering kali saat kita depresi, cemas, atau malu, kita malah menutup komunikasi dengan orang lain. Akan tetapi hal ini justru malah membuat kita terjerumus ke dalam lubang yang lebih dalam.

4. Olahraga

Olahraga adalah salah satu aktivitas sederhana yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Ada berbagai hormon yang dilepaskan ketika Anda berolahraga, seperti endorfin bahan kimia yang membuat kita merasa nyaman, dan dopamin yang dianggap sebagai ‘hadiah’ untuk tubuh kita serta opioid endogen yang memiliki efek seperti obat penghilang rasa sakit. Campuran hormon tersebut diketahui dapat membantu melemahkan efek kortisol atau hormon stres di tubuh kita.

5. Bersyukur

Penelitian menunjukkan bahwa ketika kita menghitung berkat dan bersyukur, maka kita mampu meningkatkan suasana hati. Anda bisa melakukannya, dengan menghabiskan lima menit tiga kali seminggu dengan menuliskan hal-hal yang Anda syukuri. Hal ini bisa sangat membantu Anda pada saat-saat ketika terasa lebih sulit untuk mengetahui apa yang dapat membuat Anda merasa lebih baik.

6. Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan secara sadar selama lima menit sehari memiliki efek yang cukup nyata. Aktivitas tersebut diketahui dapat memberikan otak Anda kesempatan untuk istirahat dari semua stimulus. Anda bisa mencoba melakukan latihan pernapasan selama lima menit sehari untuk meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan. 

Selain itu, secara khusus latihan pernapasan yang disebut dengan cyclic sighing membantu mengurangi stres dengan cepat sekaligus memperbaiki perasaan Anda. Untuk mencobanya, Anda bisa menarik napas melalui hidung sebanyak yang Anda bisa, lalu tarik napas sedikit lagi agar paru-paru terisi penuh. Kemudian, hembuskan perlahan melalui mulut.

7. Matikan Perangkat Elektronik

Mematikan perangkat elektronik atau memutuskan hubungan dari media sosial ternyata juga mampu memberikan peningkatan kesehatan mental. Menghindari membuka situs-situs seperti media sosial yang membuat Anda stres juga dapat meningkatkan suasana hati.(*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS