Tren Istilah: Kenali Arti Flagship yang Biasa Disebut pada Produk Smartphone

Yunike Purnama - Jumat, 10 Februari 2023 09:33
Tren Istilah: Kenali Arti Flagship yang Biasa Disebut pada Produk SmartphoneSmartphone flagship cenderung disertai dengan berbagai fitur dan inovasi terbaru dan terhebat sehingga membuat konsumen apalagi konsumen early adopter menyukai produk tersebut. (sumber: Apple.com)

BANDAR LAMPUNG - Saat Anda melihat atau membaca review gadget seperti ponsel atau smartphone, mungkin Anda sempat mendengar atau melihat istilah kata flagship yang kerap ditulis atau diucapkan.

Seperti yang dilansir dari laman Computer Hope, dalam industri teknologi, flagship adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan model perangkat keras kelas atas yang ditawarkan dalam sebuah lini produk. Perangkat andalan ini biasanya memiliki fitur terbaik dan seringkali dibanderol dengan harga eceran tertinggi, jika dibandingkan dengan perangkat lain dari perusahaan yang sama.

Smartphone flagship cenderung disertai dengan berbagai fitur dan inovasi terbaru dan terhebat sehingga membuat konsumen apalagi konsumen early adopter menyukai produk tersebut. Tidak hanya itu, ponsel flagship biasanya memiliki faktor bentuk dan desain yang baru sehingga tampak terlihat lebih menarik dan memungkinkan konsumen menggunakan smartphone dengan cara baru.

Tingkat Kesulitan Penambangan Bitcoin Meningkat, Bagaimana Proyeksi Aset Kripto di Februari?
BPS: Konsumsi Pemerintah Turun hingga 4,51 Persen Sepanjang 2022
Nilai Kurs Rupiah Ambruk hingga 161 Poin, Ini Gara-garanya!
Mengutip dari laman Mediatek, smartphone flagship harus unggul dalam performa, daya, dan efisiensi daya. Ketiga faktor tersebut sangat penting agar smartphone benar-benar dianggap lebih unggul karena produk tersebut memang dituntut untuk menghadirkan pengalaman luar biasa untuk pengguna.

Meski begitu, ada kesalahpahaman yang sering dipahami oleh banyak orang yaitu bahwa smartphone flagship adalah perangkat mahal yang hanya dibuat oleh beberapa OEM saja. Namun ternyata ada berbagai jenis flagship dan setiap jenis flagship tidak harus sama mahalnya.

Misalnya, ada beberapa produsen smartphone yang memiliki fokus pada pasar mid range atau entry level di mana mereka tetap memiliki produk ponsel flagship andalan yang disertai teknologi terbaik dari perusahaan untuk titik harga tersebut.

Selain itu, ada juga ponsel atau smartphone yang dianggap flagship pada jenis tertentu misalnya flagship untuk game.

Itu tadi penjelasan mengenai istilah flagship yang kerap disebut pada saat membahas suatu produk smartphone atau ponsel.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS