TPA Bakung Diduga Sengaja Dibakar Oknum Tak Bertanggung Jawab

M. Iqbal Pratama - Selasa, 24 Oktober 2023 19:14
TPA Bakung Diduga Sengaja Dibakar Oknum Tak Bertanggung Jawab Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Bakung yang berada di Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung diduga sengaja dibakar oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan. Menurutnya, tim patroli menemukan balok kayu terbakar di TPA sampah Bakung pada Senin (23/10/2023) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

“Diduga lebih dari satu pemuda yang melempar balok kayu tersebut,” kata Anthoni Irawan, Selasa 24 Oktober 2023.

Anthoni menjelaskan, hasil temuan tersebut telah disampaikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung untuk ditindaklanjuti.

“Kita serahkan ke pemilik tempat yakni DLH yang dirugikan. Jadi DLH yang berhak mengambil tindakan baik keranah hukum atau memberikan teguran ke pemulung,” ujarnya.

Diketahui, Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Damkar mengklaim kebakaran di TPA sampah Bakung telah berhasil padam.

“Udah padam pada Jumat (20/10/2023) pukul 06.30 WIB, dan proses pendinginan selesai pukul 21.30 WIB,” kata Anthoni.

Sejak kebakaran pada Jumat (13/10/2023) lalu, 5 hektare TPA sampah Bakung akhirnya padam dengan menghabisakan 496 tanki air atau setara dengan 2,09 juta liter air.

“Total keseluruhan air yang digunakan untuk memadamkan api yakni 2.098.000 liter,” jelasnya. (IQB)

Editor: Redaksi
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS