Tips Pegadaian Cara Mengamankan Data Nasabah

Yunike Purnama - Rabu, 18 Januari 2023 05:50
Tips Pegadaian Cara Mengamankan Data NasabahIlustrasi aplikasi Pegadaian Digital (sumber: Dok Pegadaian )

BANDAR LAMPUNG - Memasuki era digital yang serba cepat dan dinamis, PT Pegadaian terus perkuat keamanan data nasabah untuk memastikan data nasabah tetap aman meskipun saat ini sedang marak kejahatan siber.

SVP IT Strategic, Architecture, & Planing Pegadaian Supriyanto mengatakan, keamanan data merupakan hal yang krusial karena berhubungan langsung dengan kepercayaan nasabah. Pihaknya pun telah melakukan berbagai upaya untuk melindungi data nasabah.

"Kami melakukan kajian secara menyeluruh terhadap proses bisnis di Pegadaian. Kemudian memperkuat keamanan data dengan program keamanan siber," kata Supriyanto dalam webinar bertajuk Digital Governance, Selasa, 17 Januari 2023.

Selain itu, membuat unit khusus yang fokus pada keamanan data. Dalam hal ini, seperti Divisi IT Security, dan Divisi Data Management. Kemudian pemutakhiran tata kelola data pada divisi terkait.

"Seperti pembuatan aturan internal terkait tata kelola data, dan data loss prevention, mobile device management, dan lainnya," ujarnya.

Perseroan juga membuat spesifik unit yang menangani serangan siber. Di sisi lain untuk mendukung bisnis, Pegadaian membuat unit spesifik untuk menangani data dengan dua unit yaitu keamanan dan tata manajemen. Hal tersebut diharapkan bisa memberikan dan memanfaatkan data lebih baik lagi, serta menjamin keamanan data yang lebih tertata lagi.

"Kami coba meningkatkan proses tata kelola data secara keseluruhan atau end to end, dan juga melihat keamanan data secara end to end," ungkapnya.

Supriyanto mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam rangka transformasi digital pada Pegadaian. Sehingga data nasabah dapat dimanfaatkan dengan baik, dan perseroan pun dapat menjamin keamanan data nasabah. Dengan begitu, diharapkan Pegadaian dapat tumbuh secara sehat, kuat, dan amanah.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS