Tips Menabung Agar Liburan Jadi Kenyataan

Yunike Purnama - Minggu, 28 Mei 2023 09:24
Tips Menabung Agar Liburan Jadi KenyataanIlustrasi liburan (sumber: Unsplash)

BANDARLAMPUNG - Menabung dan merencanakan liburan terkadang justru memakan waktu lebih lama. Sebab, Anda harus berupaya keras mengumpulkan uang sebelum akhirnya dipakai untuk berlibur. Hal ini pun biasanya sulit dilakukan oleh beberapa orang karena kebiasaan diri yang tidak bisa menabung.

Pada dasarnya menabung untuk liburan tidaklah sulit. Namun, mungkin beberapa ide ini bisa membantu seperti dikutip dari usnews.com:

  1. Membuat anggaran untuk liburan lebih awal
  2. Manfaatkan kartu kredit hadiah cashback
  3. Hasilkan uang tambahan untuk membayar liburan
  4. Mulailah mengurangi pengeluaran untuk liburan
  5. Seriuslah dalam menganggarkan biaya non-liburan
  6. Lakukan secara strategis

Setelah yakin akan memiliki uang untuk liburan, Anda pasti ingin mulai merencanakannya. Sebab, liburan yang tidak terencana kemungkinan besar akan menelan biaya lebih besar dari perjalanan yang telah Anda perkirakan.

Potong pendapatan untuk liburan di awal

Jika sudah tahu tujuan berlibur, mulailah menghitung biayanya.

Kelly Johnson, yang telah mengunjungi lebih dari 40 negara dan menjalankan blog perjalanan, "Snap Travel Magic", menyarankan untuk memanfaatkan rekening tabungan dengan hasil tinggi, salah satu titik terang dari suku bunga yang lebih tinggi.

“Masukkan 5 persen dari setiap gaji langsung ke rekening,” kata Johnson.

Bagi sebagian orang, 5 persen dari setiap gaji mungkin tidak realistis, tetapi intinya tetap pada target. Caranya yaitu dengan memasukkan uang ke rekening perjalanan setiap gaji atau setiap bulan.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS