Tips Lindungi Smartphonemu Agar Tidak Rusak Ketika Terkena Hujan

Yunike Purnama - Minggu, 02 Juli 2023 07:59
Tips Lindungi Smartphonemu Agar Tidak Rusak Ketika Terkena HujanCuaca hujan dapat menjadi potensi bahaya bagi perangkat elektronik oleh karena itu sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk melindunginya dari kerusakan akibat terkena air. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Smartphone atau ponsel adalah barang yang penting untuk membantu aktivitas kita sehari-hari. Hal ini karena smartphone memudahkan kita untuk menerima panggilan, mengakses email, media sosial, hiburan, dan lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk membuat ponsel tetap terlindungi dan aman dalam segala situasi. Cuaca hujan dapat menjadi potensi bahaya bagi perangkat elektronik oleh karena itu sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk melindunginya dari kerusakan akibat terkena air.

Cara Mencegah Ponsel Rusak Akibat Terkena Air atau Hujan

Lindungi HP Anda dari kerusakan akibat terkena air atau hujan dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Gunakan Casing Waterproof

Casing ponsel yang waterproof adalah aksesori yang harus Anda miliki apalagi ketika musim hujan. Casing ini dirancang untuk menjaga perangkat tetap aman dari air dan kelembapan serta mencegahnya dari potensi kerusakan. Meski begitu, pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk dari produsen tentang cara memasang dan menggunakan casing ponsel dengan benar.

2. Simpan Smartphone di Dalam Kantong Tertutup

Jika Anda khawatir tentang penampilan ponsel Anda dan tidak ingin menggunakan casing tahan air, alternatifnya adalah mendapatkan kantong tahan air dan menyimpan ponsel di dalamnya jika di luar ruangan sudah hujan.

Pastikan tas kedap udara tersebut sudah disegel dengan benar agar air tidak bisa masuk. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan gel silika di di dalam tas untuk menyerap kelembapan.

3. Cobalah untuk Tidak Menggunakan Ponsel Saat Hujan

Cara terbaik untuk melindungi smartphone Anda agar tidak rusak ketika hujan adalah dengan tidak menggunakannya sama sekali, apalagi ketika di luar ruangan. Saat hujan, usahakan simpan ponsel Anda baik di saku atau tas. Jika Anda perlu menelepon atau mengirim pesan, maka carilah area berteduh terlebih dahulu sebelum mengeluarkan ponsel Anda.

4. Segera Keringkan Ponsel Ketika Basah

Jika ponsel Anda basah terkena air hujan, jangan panik. Cepat keringkan dengan kain lembut atau kertas tisu untuk menghilangkan kelembapan yang ada di permukaan ponsel. 

5. Dapatkan Ponsel dengan Peringkat IP 67 atau IP68

Peringkat IP berarti perlindungan terhadap air dan debu untuk peralatan dan perangkat. Ada beberapa smartphone yang tersedia di pasaran yang hadir dengan peringkat IP yang membuatnya tahan air, seperti ponsel dengan IP 67 atau IP 68.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS