Tips Cara Mudah Keluar dari Grup WhatsApp Diam-diam Tanpa Ketahuan

Redaksi - Sabtu, 26 Agustus 2023 11:15
Tips Cara Mudah Keluar dari Grup WhatsApp Diam-diam Tanpa KetahuanIlustrasi Whatsapp (sumber: Pexels)

JAKARTA - Anda tentu sudah tidak asing dengan fitur grup di aplikasi perpesanan instan, WhatsApp. Awalnya, fitur grup ini memang memudahkan kita memperoleh informasi dengan cepat, apalagi bagi Anda yang memiliki urusan dan harus selalu berkoordinasi dengan banyak orang, Anda tidak perlu chat atau mengirim pesan satu per satu.

Akan tetapi, tidak jarang juga kita mendengar banyak keluhan bahwa pengguna WhatsApp sering terjebak dengan grup WhatsApp yang selalu membombardir mereka dengan berbagai pesan atau chat, stiker, atau GIF yang mereka tidak mengerti. Bahkan, notifikasi atau pembaruan yang bukan urusan kita ini membuat kita terganggu karena hadir secara terus menerus dan mengharapkan kita untuk selalu menanggapi isi pesan tersebut.

Tidak mengherankan jika banyak pengguna WhatsApp ingin segera meninggalkan grup tersebut, akan tetapi ketika mereka memutuskan left group, akan ada notifikasi bagi anggota grup bahwa orang tersebut telah meninggalkan grup tersebut. Hal ini akan membuat orang yang left group jadi tidak nyaman karena tampaknya mereka jadi pusat perhatian.

Untungnya, setelah bertahun-tahun tidak tersedia, WhatsApp sekarang memungkinkan Anda untuk keluar dari grup secara diam-diam tanpa membuat Anda ketahuan dari anggota grup tersebut.

Cara Keluar Grup WhatsApp Secara Diam-diam Tanpa Ketahuan

Ada kabar baik yang tampaknya akan membantu Anda mengatasi keluhan di grup ini. Anda bisa meninggalkan grup yang tidak menarik itu secara diam-diam di WhatsApp, bahkan prosesnya juga mudah. Berikut caranya.

  1. Pertama, ketuk nama obrolan di bagian atas layar.
  2. Scroll ke bawah hingga akhir halaman muncul.
  3. Tap atau ketuk opsi Left from Group.
  4. Saat diminta, konfirmasikan keputusan Anda. Anda akan memperoleh pesan yang akan memberitahu Anda bahwa hanya admin di grup yang akan diberi tahu bahwa Anda telah left.

Selain itu, ada juga cara lain dengan melakukannya dari halaman utama WhatsApp. Berikut caranya.

  1. Temukan obrolan yang ingin Anda tinggalkan.
  2. Di ponsel iOS, geser atau swipe ke kiri pada obrolan untuk menampilkan tombol ‘Lainnya’ atau ‘More’, lalu ketuk di opsi tersebut. Sedangkan di ponsel Android, tekan lama pada nama grup tersebut.
  3. Tekan opsi Left Group di menu berikutnya yang akan muncul.
  4. Kemudian, konfirmasikan keputusan Anda jika pesan tersebut memberitahu Anda bahwa hanya admin yang akan diberi tahu ketika Anda telah keluar.

Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki keleluasaan untuk left group atau meninggalkan grup karena masih merasa tidak enak atau bersalah, Anda bisa memanfaatkan fitur lainnya di WhatsApp yaitu dengan mengarsipkan obrolan atau group chat tersebut. Dengan mengarsipkan obrolan, Anda tidak akan diberi tahu jika suatu saat ada notifikasi yang muncul di grup tersebut.

Itu tadi cara yang bisa Anda praktikkan agar dapat left group WhatsApp atau keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam tanpa ketahuan anggota grup lainnya. Selamat mencoba!

Editor: Redaksi
Tags Keluar grupwhatsappBagikan

RELATED NEWS