Tips Cara Membangun Pertemanan yang Berkualitas

Yunike Purnama - Sabtu, 18 Februari 2023 10:40
Tips Cara Membangun Pertemanan yang BerkualitasTeman yang baik adalah seseorang yang membuat Anda bisa menjadi diri sendiri dan membuat suasana hati Anda membaik ketika berada di dekatnya. (sumber: Pexels)

BANDAR LAMPUNG - Teman yang baik adalah seseorang yang membuat Anda bisa menjadi diri sendiri dan membuat suasana hati Anda membaik ketika berada di dekatnya.

Pikirkan tentang sahabat Anda. Kira-kira apa yang menjadikan mereka sahabat terbaik Anda?

Kaytee Gillis LCSW-BACS, seorang psikoterapis seperti dilansir dalam laman website psychology today mengungkapkan kualitas-kualitas yang dicari dari seorang teman:

1. Mereka menunjukkan empati dan kebaikan

Beberapa orang secara alami diprogram untuk menanggapi orang lain dengan empati dan kebaikan.

Sementara bagi beberapa orang, pendekatan ini tidak selalu mudah. Kita semua ada di berbagai bidang spektrum empati. Cobalah untuk mencari cara untuk memperlakukan orang lain dengan baik dan penuh empati.

2. Anda merasa nyaman saat bersama mereka

Teman yang baik adalah seseorang yang ketika bersama mereka Anda bisa menjadi diri sendiri. Suasana hati Anda juga menjadi lebih baik ketika berada di sekitar mereka. Mereka membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

3. Mereka bersedia untuk minta maaf dan mengakui ketika mereka salah

Kemampuan untuk mengakui kekurangan adalah kualitas yang sering diremehkan. Padahal banyak pembelajaran yang dapat Anda dapatkan dari kemampuan ini.

Bersedia minta maaf menunjukkan kedewasaan, kasih sayang, dan harga diri yang tinggi.

Selain itu memiliki kemampuan untuk mengakui bahwa ada kekurangan pad adiri Anda yang mungkin perlu dievaluasi juga akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Kemampuan ini sering dikatikan dengan tingkat kedewasaan dan meningkat seiring bertambahnya usia. Ketidaksepakatan dan konflik kepribadian adalah bagian yang tak terhindarkan dari manusia. Jadi penting untuk menemukan teman yang dapat menangani ini dengan dewasa.

4. Mereka meluangkan waktu untuk Anda

Di era yang serba terjangkau ini, sulit membayangkan ada seseorang yang tidak dapat dihubungi. Jika Anda menemukan seseorang yang tidak membalas pesan dan mengabaikan telepon Anda, atau sepertinya tidak pernah punya waktu untuk Anda, mungkin ini adalah pertanda bahwa dia tidak dapat menjadi teman baik Anda.

5. Mereka dapat dipercaya dan dapat diandalkan

Ini sangat penting. Cobalah perhatikan bagaimana perasan Anda ketika berada di sekitar orang ini secara emosional dan fisik.

Seseorang yang benar-benar peduli  dengan Anda akan ada ketika Anda membutuhkan. Selain itu mereka juga bertanggung jawab atas janji yang mereka buat.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS