Tips Cara Melindungi Mikrofon Ponsel untuk Cegah Risiko Malware

Yunike Purnama - Senin, 12 Juni 2023 06:50
Tips Cara Melindungi Mikrofon Ponsel untuk Cegah Risiko MalwareTidak dipungkiri ponsel adalah benda yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Tidak dipungkiri ponsel adalah benda yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Hal ini karena ponsel memberikan akses untuk terhubung, belajar, dan mendapatkan hiburan.

Akan tetapi, penggunaan mikrofon oleh aplikasi smartphone dan voice assistant seperti Siri, Alexa, atau Google Assistant dikhawatirkan menimbulkan masalah privasi.

Seperti yang telah diketahui mikrofon internal yang ada di smartphone dirancang untuk mengenali perintah suara dan mengaktifkan fitur yang diaktifkan oleh suara. Meski aplikasi tertentu seperti Facebook dan Instagram mungkin meminta akses ke mikrofon untuk merekam video dengan suara, penting untuk dipahami bahwa akses ini tidak harus terus menerus dilakukan.

Dengan melakukan beberapa tindakan cepat, Anda bisa mengatur siapa yang dapat mengakses mikrofon di smartphone Anda.

Seperti yang sudah Anda ketahui, adanya malware yang menyusup ke ponsel adalah masalah privasi yang serius. Software berbahaya dapat diinstal akibat mengklik link yang berbahaya dan memberikan akses kepada penipu pada data pribadi Anda.

Oleh karena itu, penting untuk mengurangi risiko privasi dengan cara menginstal perangkat lunak antivirus untuk menambah lapisan keamanan pada perangkat Anda. Selain itu, ada baiknya jika Anda juga melakukan pengaturan tambahan untuk menambah keamanan pada perangkat Anda, dengan melakukan cara mematikan aplikasi dengan voice assistant seperti berikut ini.

Cara Melindungi Mikrofon di Smartphone Agar Tetap Aman

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan aplikasi dengan voice assistant seperti Siri dan Google Assistant.

Untuk iPhone mematikan Siri, Anda perlu melakukan cara seperti berikut.

Buka menu Settings, klik Siri & Search.

Matikan opsi dengan cara, dengarkan ‘Hey Siri’ lalu tekan tombol samping untuk SIri.

Izinkan Siri saat terkunci, lalu jendela pop-up akan menanyakan apakah Anda ingin mematikan Siri lalu klik Turn off Siri.

Sedangkan bagi Anda yang ingin mematikan Google Assistant, Anda perlu melakukan beberapa cara berikut ini.

Bukalah menu Settings atau Pengaturan lalu pilih Google.

Klik Account Services, klik Search, Assistant & Voice.

Pilih Voice, pilih Voice Match kemudian nonaktifkan Hey Google.

Itu tadi cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi mikrofon pada smartphone untuk menjaga privasi Anda.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS