Tips Ampuh Atasi WiFi Lemot, Dijamin Internet Jadi Makin Lancar

Yunike Purnama - Kamis, 31 Maret 2022 12:00
Tips Ampuh Atasi WiFi Lemot, Dijamin Internet Jadi Makin LancarIlustrasi perangkat Wifi (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG - Koneksi wifi yang lemot juga dapat disebabkan oleh berbagai hal, berikut tips ampuh cara mengatasinya.

WiFi yang lemot seringkali membuat orang jadi kesal, apakah Anda juga merasakannya. Pasalnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab WiFi lemot, seperti adanya penghalang dinding sehingga sinyal WiFi tidak dapat menembus dengan baik, jarak antara router dengan perangkat Anda terlalu jauh.

Tips cara mengatasi wifi lemot? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasinya:

Channel router bisa menjadi penyebab wifi lemot, hal ini terjadi karena channel router anda bersinggungan dengan milik orang lain. Cara mengaturnya adalah dengan masuk pada menu pengaturan channel router dengan petunjuk yang ada pada buku panduan router wifi anda. Anda bisa mengubahnya pada channel 1, 6, atau 11.

Penyebab wifi lemot juga bisa terjadi karena adanya kendala pada sistem perangkat yang anda gunakan. Seperti windows update sedang berjalan, banyak tab yang terbuka, atau sedang ada penyingkronan data pada laptop atau komputer anda.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, wifi lemot bisa disebabkan karena banyaknya perangkat yang menggunakan wifi anda. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membatasi penggunanya agar jaringan tetap stabil.

Anda bisa melalukan upgrade paket wifi jika dirasa koneksi internet anda yang lemot karena paket internet anda sebelumnya sudah tidak mendukung penggunaan sehari-hari. Anda bisa mencari paket wifi dengan kecepatan download dan upload yang sesuai kebutuhan anda.

Melakukan restart pada router bisa menjadi salah satu alternatif cara mengatasi koneksi wifi yang lemot. Yang harus anda lakukan adalah mematikan router dengan menekan tombol power, lalu tunggu 10 - 20 detik baru dinyalakan kembali.

Jika anda menggunakan router dengan satu antena, pastikan antena tersebut menghadap tegak lurus. Namun, jika anda menggunakan router dengan dua antena, anda bisa memposisikannya tegah lurus dan yang satunya posisi menyamping.

Koneksi wifi bisa menjadi lemot karena anda salah menaruh router. Sebaiknya, pasang router wifi anda di tempat yang terbuka dengan meminimalisir adanya penghalang seperti dinding, lemari, dan lain sebagainya.(*) 

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS