Tips Aman Rumah Ditinggal Mudik, Berikut Cara Tepat Memilih Asuransi Properti

Yunike Purnama - Selasa, 18 April 2023 08:44
Tips Aman Rumah Ditinggal Mudik, Berikut Cara Tepat Memilih Asuransi Properti Asuransi properti atau asuransi rumah adalah salah satu produk keuangan yang dapat memberikan perlindungan apabila terjadi hal tidak diinginkan yang mengakibatkan kerusakan pada rumah Anda. (sumber: Rumah.com)

BANDARLAMPUNG - Asuransi properti atau asuransi rumah adalah salah satu produk keuangan yang dapat memberikan perlindungan apabila terjadi hal tidak diinginkan yang mengakibatkan kerusakan pada rumah Anda.

Apalagi saat mudik lebaran, asuransi rumah akan sangat dibutuhkan. Sebab, rumah akan ditinggalkan oleh pemiliknya dalam keadaan kosong selama beberapa hari bahkan hingga satu minggu. Rumah yang kosong bisa memicu kekhawatiran akan adanya potensi kejahatan seperti pencurian atau perampokan.

Selain risiko kejahatan, potensi bencana seperti kebakaran maupun banjir pada rumah yang kosong juga patut diperhatikan dan diwaspadai oleh pemilik rumah.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan asuransi rumah untuk melindungi mereka dari kerugian finansial yang bisa timbul.

"Asuransi rumah memiliki manfaat untuk melindungi dari kerugian finansial kerusakan rumah akibat kebakaran, pencurian, bencana alam, banjir atau resiko lain yang tercantum di polis asuransi," tulis OJK dalam unggahannya, dikutip Selasa, 18 April 2023.

Menurut OJK, berikut tips yang bisa dilakukan sebelum memilih asuransi rumah:

1. Pahami polis asuransi dan resiko yang ditanggung

2. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar premi

3. Pahami cara mengajukan klaim

4. Pastikan perusahaan asuransi berizin OJK(*)

Editor: Redaksi
Tags mudikBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS