Tingkatkan Kepercayaan Diri, Inilah Bahasa Tubuh yang Wajib diketahui Para Introvert

Yunike Purnama - Minggu, 12 Februari 2023 07:44
Tingkatkan Kepercayaan Diri, Inilah Bahasa Tubuh yang Wajib diketahui Para IntrovertBerikut 4 bahasa tubuh yang bisa gunakan kaum introvert untuk menegaskan rasa percaya diri Anda. (sumber: Pexels)

BANDAR LAMPUNG - Menggunakan bahasa tubuh biasanya sering dilakukan oleh orang ekstrovert. Biasanya, menggunakan bahasa tubuh diidentikkan dengan tingkat kepercayaan diri.

Seseorang yang introvert biasanya cenderung mengabaikan bahasa tubuh. Meski demikian, bukan berarti Anda tak bisa menguasainya.

Mengutip Science of People, berikut 4 bahasa tubuh yang bisa gunakan kaum introvert untuk menegaskan rasa percaya diri Anda.

1. Ambil lebih banyak ruang

Saat ingin menegaskan rasa percaya diri, ada baiknya Anda mengambil lebih banyak ruang di lingkungan Anda.

Agar dapat menegaskan hal tersebut, hindari bahasa tubuh yang mempersempit ruang gerak seperti menyelipkan kepala atau menyilangkan kaki.

Sebagai gantinya, Anda dapat melakukan gerakan ekspansif seperti membiarkan posisi kepala tetap tegak, mengendurkan bahu, hingga berjalan dengan langkah yang lebih panjang.

2. Jangan menyilangkan tangan

Menyilangkan tangan cenderung membuat orang merasa lebih rendah. Sebaiknya, hindari gerakan ini. Biarkan gerak tubuh Anda tetap terbuka untuk orang di sekitar Anda.

Dengan menciptakan gestur terbuka Anda akan memberi kesan mudah didekati sekaligus punya pikiran terbuka.

3. Jangan bermain ponsel saat gugup

Introvert cenderung memeriksa telepon mereka ketika mereka gugup. Untuk meninggalkan kesan ini, hindari memeriksa ponsel terlalu sering.

Cobalah untuk bersikap lebih rileks. Dibandingkan ponsel, bawalah hal lain untuk mengalihkan perhatian Anda, seperti buku atau koran.

4. Lakukan tripple nod

Tripple nod atau anggukan rangkap tiga adalah ekuivalen nonverbal dari elips atau tiga periode. Ini adalah isyarat nonverbal bagi seseorang untuk terus berbicara.

Jika Anda introvert dan tidak pandai bercakap-cakap, Anda bisa melakukan hal ini saat ingin mendorong orang yang Anda ajak bicara untuk terus berbicara.

Setelah mereka selesai berbicara dan berhenti, mengangguk tiga kali berturut-turut dengan cepat dan mereka akan sering melanjutkan. Jika tidak, Anda dapat melanjutkan percakapan.  

Meski tak dapat menyuruh orang untuk terus bicara, ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan keterlibatan dan memperpanjang diskusi.(*)

Editor: Redaksi
Tags Rasa percaya diri Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS