Tinggalkan 4 Kebiasaan ini! kalau Tak Ingin Otak Cepat Rusak

Gaya Hidup 10 Jan 2021, By Redaksi
Tinggalkan 4 Kebiasaan ini! kalau Tak Ingin Otak Cepat Rusak Ilustrasi. (Shutterstock)

Kabarsiger.com - Selain berfungsi sebagai pengontrol seluruh gerakan tubuh, Otak juga mempunyai peran utama dalam menyimpan segala informasi dalam kehidupan sehari – hari. Bahkan sejak kecil pun otak sudah menjalankan peranannya demi keberlangsungan hidup kita.

Dengan demikian, sudah seharusnya kita menyayangi organ otak ini, agar seluruh sistem gerakan tubuh dan kinerja organ tubuh dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa kebiasaan buruk yang menjadi penyebab organ otak ini cepat rusak. Maka segera jauhi beberapa kebiasaan buruk berikut ini :

1. Kurangnya Waktu Tidur

Seringnya begadang hingga berkurangnya waktu tidur akan sangat mengganggu kinerja otak. Sementara jika waktu tidur telah tercukupi, maka otak akan memaksimalkan 2 fungsinya sekaligus pada saat kita tidur, yaitu menyimpan memori / kenangan serta menjalankan proses detoksifikasi ( pembuangan racun ). Bayangkan saja jika waktu tidur sangat minim, maka lambat laun otak tidak bisa berjalan optimal hingga sampai menimbulkan kerusakan.

2. Konsumsi gula berlebihan

Tak dipungkiri, gula ternyata menjadi musuh besar terhadap organ otak. Demikian karena jika asupan gula dalam tubuh berlebih akan menyebabkan gangguan pada sistem saraf, sel – sel tubuh, serta gangguan berbagai jaringan tubuh. Bahkan asupan gula berlebih sangat erat kaitannya dengan gangguan pada otak yaitu penyakit Alzheimer, yang berakibat menurunnya daya ingat, kesulitan dalam berpikir, gangguan berbicara, daya ingat lemah dan lainnya.

3. Konsumsi minuman beralkohol

Tak heran, lagi – lagi minuman beralkohol menjadi penyebab utama dari kerusakan berbagai organ dalam tubuh, termasuk organ otak. Pengaruh buruk alkohol pada otak akan melambatkan reaksi otak, gangguan pada memori otak, serta melemahnya sistem saraf. Hal tersebut karena efek negatif pada alkohol akan menimbulkan reaksi kimia dalam organ otak, hingga sampai melemahkan kinerjanya.

4. Penggunaan telepon seluler sembarangan

Efek negatif dari pancaran radiasi telepon seluler akan mengakibatkan rasa pusing / sakit di bagian kepala, bahkan kebingungan. Dampak terburuknya dari radiasi telepon seluler akan berakibat pada kanker dan tumor pada otak. Maka batasilah penggunaan telepon seluler, terutama saat melakukan dan menerima panggilan suara / video, usahakan perangkat seluler berjauhan dengan area kepala. Jauhkan juga gadget Anda saat beranjak tidur, atau jika perlu alihkan ke mode pesawat saja.(*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama