Tiga Rekomendasi Wisata Saat Anda Mudik Melalui Pantai Selatan

Eva Pardiana - Minggu, 24 April 2022 12:40
Tiga Rekomendasi Wisata Saat Anda Mudik Melalui Pantai SelatanTiga Rekomendasi Wisata Saat Anda Mudik Melalui Pantai Selatan (sumber: Tangkapan layar)

JAKARTA — Pada musim mudik Idulfitri tahun ini, Anda bisa melalui jalur alternatif Pantai Selatan (Pansel) Jawa yang terhubung dari Banten hingga Pacitan.

Para pemudik yang pulang kampung melalui jalur Pansela bakal disuguhi pemandangan alam yang indah. Selain itu, mudik juga akan berjalan aman dan nyaman karena posko-posko mudik sudah mulai disiapkan.

Pemudik pun bisa menemui dengan mudah berbagai makanan khas daerah di sepanjang jalur Pansela atau beristirahat sekaligus berpariwisata menikmati keindahan panorama laut.

Berikut kami hadirkan tiga rekomendasi pariwisata di jalur mudik Pansela ruas Planjan—Baron—Tepus, yang dikutip dari media sosial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Minggu, 24 April 2022.

1. Baron Technopark

Baron Technopark/ Foto: Tangkapan layar

Objek pariwisata ini merupakan kawasan wisata edukasi yang letaknya berada di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Di kawasan ini terdapat ikon unik berupa jam matahari yang membuat pariwisata Anda menjadi lebih asyik dan menambah pengetahuan. 

2. Mercusuar Pantai Baron

Marcusuar Pantai Baron/ Foto: Tangkapan layar

Pariwisata satu ini cocok untuk menikmati keindahan pesisir Pantai Gunungkidul. Mecusuar ini berdiri di atas bukit sisi timur Pantai Baron.

Awalnya, menara mecusuar ini dibangun hanya menara suar yang berupa tiang-tiang. Namun, sekitar 2014 Direktorat Navigasi dan Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyelesaikan pembangunan mercusuar setinggi 40 meter. 

3. Pantai Ngandong

Pantai Ngadong/ Foto: Tangkapan layar

Pantai Ngandong ini letaknya di Desa Sidoarjo, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Ngandong menjadi salah satu pantai hidden gam yang wajib untuk dikunjungi saat melewati jalur Pansela.  (*) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Liza Zahara pada 24 Apr 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS