Ternyata Ini Manfaat Servis Rutin Sepeda Motor

Yunike Purnama - Minggu, 06 Agustus 2023 16:29
Ternyata Ini Manfaat Servis Rutin Sepeda Motor (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Perawatan rutin untuk sepeda motor sangat diperlukan untuk menjaga performa kendaraan. Perawatan rutin juga berguna untuk melakukan pengecekan awal kondisi komponen sepeda motor sehingga dapat menghindari kerusakan yang parah. Dengan menghindari kerusakan yang parah, pengeluaran biaya yang tinggi juga dapat dihindari.

Selain manfaat itu,situs resmi Astra Honda menyebutkan ada sejumlah manfaat lain mengapa anda harus melakukan servis sepeda motor secara rutin.

1. Memperpanjang usia pakai

Melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin dapat meningkatkan masa pakai sepeda motor karena kondisi seluruh komponen selalu terjaga dalam keadaan optimal.

Anda harus memperhatikan untuk secara rutin melakukan penggantian oli, membersihkan filter udara, serta memeriksa kondisi ban, sistem pengereman, dan sistem kelistrikan. Selain itu, pemeriksaan dan perawatan rutin juga berfungsi sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko kerusakan pada komponen penting dan mencegah biaya perbaikan yang mahal di masa mendatang.

2. Efisiensi bahan bakar

Efisiensi bahan bakar dan penghematan uang dalam jangka panjang bisa dirasakan oleh pemilik sepeda motor saat sepeda motornya selalu dalam kondisi prima. Hal itu dikarenakan saat mesin sepeda motor bekerja dengan baik, pembakaran bahan bakar akan sempurna sehingga tak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia saat proses pembakaran. Hal tersebut akan berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar yang semakin meningkat.

Peningkatan efisiensi bahan bakar juga didukung oleh bagian sepeda motor lainnya, seperti kondisi ban tekanan angin serta gaya berkendara yang tepat.

3. Menjaga nilai jual sepeda motor

Dengan kondisi kendaraan yang masih prima, hal itu akan berpengaruh pada nilai jual yang tetap tinggi ketika ingin menjualnya. Kondisi ini tidak hanya mencakup mesinnya saja namun juga tampilan kendaraan. Untuk itu, perawatan harus dilakukan secara menyeluruh tidak hanya pada mesin namun juga body kendaraan.

Dengan manfaat tersebut, perawatan rutin sepeda motor merupakan investasi. Hal itu karena dapat mencegah pengeluaran uang yang lebih besar karena kerusakan yang parah dan dapat menjaga nilai jual ketika ingin menjual kendaraan.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS