Ternyata Ini 5 Penyebab Utama Baterai Ponsel Cepat Habis

Yunike Purnama - Jumat, 10 Februari 2023 09:23
Ternyata Ini 5 Penyebab Utama Baterai Ponsel Cepat HabisIlustrasi penggunaan ponsel. (sumber: Pexels)

JAKARTA - Baterai ponsel atau smartphone yang cepat habis tentu membuat banyak orang kesal, apalagi saat beraktivitas di luar rumah dan membutuhkan ponsel. Bahkan, meski sudah diisi berjam-jam baterai ponsel juga tetap cepat habis.

Jika Anda mengalami hal demikian, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa alasan atau penyebab baterai ponsel cepat habis. Berikut penjelasan selengkapnya.

5 Penyebab Utama Baterai Ponsel Cepat Habis

1. Aplikasi tetap bekerja

Aplikasi yang tetap bekerja pada latar belakang atau background sebetulnya berfungsi untuk memantau atau mengontrol aspek tertentu dari ponsel secara otomatis. Meski begitu, fitur ini ternyata dapat menguras baterai dengan cepat apalagi jika Anda tidak memerlukan banyak aplikasi untuk tetap bekerja di latar belakang.

2. Kecerahan layar sangat tinggi

Kecerahan maksimum pada layar memang membantu Anda melihat isi ponsel dengan mudah apalagi ketika Anda di luar rumah atau di suatu tempat yang sangat cerah. Namun, fitur ini ternyata dapat berefek besar pada baterai ponsel. Jadi, jika memungkinkan cobalah untuk menurunkan kecerahan layar apalagi saat Anda berada di dalam ruangan.

3. Menggunakan baterai ponsel lama

Terkadang bukan aplikasi atau pengaturan yang memengaruhi masa pakai baterai ponsel, melainkan baterai itu sendiri. Seperti semua perangkat elektronik lainnya, ponsel menjadi tua dan seiring berjalannya waktu baterainya tidak akan sebagus dulu.

4. Mengaktifkan GPS

Ada sejumlah besar aplikasi yang dapat melacak lokasi Anda seperti Google Maps, Gojek, Grab, dan sebagainya. Jika Anda tidak segera menonaktifkan pengaturan lokasi, maka baterai Anda akan semakin cepat habis apalagi jika sedang tidak menggunakannya.

5. Terlalu banyak mengaktifkan notifikasi

Saat Anda menginstal aplikasi baru di ponsel, kemungkinan besar pengaturan pemberitahuannya akan diaktifkan secara otomatis. Akan tetapi, ternyata Anda tidak perlu menerima pemberitahuan dari setiap aplikasi apalagi yang tidak terlalu penting. Hal itu bahkan juga berdampak buruk pada masa pakai baterai ponsel Anda.(*)

Editor: Redaksi
Tags Baterai ponselBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS