Terlihat Biasa, 5 Makanan Ini Ternyata Bisa Beracun

Yunike Purnama - Sabtu, 04 Februari 2023 10:17
Terlihat Biasa, 5 Makanan Ini Ternyata Bisa BeracunIlustrasi kacang mete (sumber: Pexels)

JAKARTA - Ada berbagai makanan baik buah atau sayur yang ada di sekitar kita. Pada umumnya, hal itu biasa dikonsumsi untuk makanan sehari-hari. Namun, jika salah saat mengolah atau mengonsumsi berlebihan, makanan ini bisa beracun.

Berikut makanan yang terkesan biasa ternyata justru bisa beracun.

5 Makanan yang Dapat Menjadi Racun

1. Pala

Pala memang sering digunakan untuk memberikan rasa pedas pada masakan. Namun, jika Anda makan sesendok pala, hal itu justru membuat masalah besar pada sistem pencernaan karena adanya myristicin, minyak yang dapat menyebabkan halusinasi, kantuk, pusing, kebingungan, dan kejang.

2. Kacang merah mentah

Dari semua varietas kacang, kacang merah mentah yang memiliki konsentrasi lektin tertinggi. Lektin merupakan racun yang bisa membuat Anda jadi sakit perut, muntah, hingga diare. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengonsumsinya maka sebaiknya rebuslah terlebih dahulu.

3. Almond Pahit

Almond pahit memiliki senyawa kimia amygdalin yang bisa berubah menjadi sianida. Amond manis sebetulnya aman untuk dimakan, tapi tidak dengan almond pahit karena dapat menyebabkan kram, mual, dan diare.

4. Kacang mete mentah

Kacang mete yang biasa dijual di toko sebetulnya sudah dikukus terlebih dahulu untuk menghilangkan racun urushiol yang ada di cangkangnya. Oleh karena itu hindari makan kacang mete mentah untuk menghindari bahaya racun tersebut.

5. Mangga

Sama seperti kacang mete mentah, kulit dan daun mangga mengandung urushiol, yaitu toksin pada tumbuhan merambat beracun. Jika Anda alergi terhadap poison ivy, terutama jika alergi itu buruk, menggigit mangga dapat menyebabkan reaksi parah berupa pembengkakan, ruam, dan bahkan masalah pernapasan.

Itu tadi beberapa makanan seperti buah atau biji-bijian yang sebetulnya tampak biasa saja tapi bisa jadi berbahaya jika salah mengolahnya.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS