Terbaru! Telegram Hadirkan Fitur Stories, Ini Keunggulannya

Yunike Purnama - Rabu, 05 Juli 2023 08:41
Terbaru! Telegram Hadirkan Fitur Stories, Ini KeunggulannyaIlustrasi (sumber: Pixabay)

AS - Bukan hanya WhatsApp, ada aplikasi perpesanan instan yang tidak kalah canggih yaitu Telegram. Aplikasi perpesanan berbasis cloud, yaitu Telegram ini siap menghadirkan fitur mirip Instagram ke aplikasi tersebut.

CEO Telegram, Pavel Durov telah mengumumkan bahwa aplikasi perpesanannya akan segera memiliki fitur Stories. Dalam postingan blog resminya, Pavel Durov menyebutkan bahwa pengguna Telegram telah meminta fitur ini selama bertahun-tahun. Ia juga menyebutkan bagaimana Telegram berencana untuk memperkenalkan fitur Stories dengan cara yang unik, mengingat fitur ini menjadi sesuatu yang paling banyak diminta oleh penggunanya dalam beberapa tahun terakhir.

Keunggulan Fitur Stories Telegram

Pavel Durov menyebutkan bahwa fitur Stories dari Telegram akan hadir dengan berbagai keunggulan atau keunikan. Berikut penjelasannya.

1. Kontrol Privasi

Pengguna akan tetap memiliki kontrol untuk menentukan siapa yang bisa melihat Stories mereka. Pengguna juga akan memiliki opsi untuk membuat stories mereka terlihat oleh audiens yang berbeda, termasuk semua orang, hanya kontak mereka, grup kontak tertentu, atau daftar teman dekat yang sudah dipersonalisasi. Tingkat kontrol ini diklaim mampu memudahkan pengguna untuk tetap memiliki kontrol penuh atas siapa saja yang dapat melihat stories mereka.

2. UI yang Lebih Ringkas dan Mudah untuk Digunakan

Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, stories akan ditempatkan di bagian yang dapat dilipat sehingga akan diposisikan di bagian atas daftar obrolan. Penempatan ini memberikan akses yang mudah terhadap stories yang diunggah tanpa menghabiskan banyak ruang di layar. Dengan desain yang lebih sederhana, pengguna dipercaya mampu menikmati pengalaman yang lebih lancar dan tanpa gangguan.

3. Fleksibel

Pengguna Telegram akan diberi kemudahan untuk menyembunyikan Stories mereka. Dengan mentransfer Stories ke daftar tersembunyi, pengguna dapat secara efektif memprioritaskan konten yang selaras dengan preferensi pengguna.

4. Menambahkan Teks

Pengguna Telegram diizinkan untuk menambahkan teks ke Stories mereka dan menambahkan tautan serta menandai akun lainnya.

5. Dukungan Kamera Ganda

Fitur Stories di Telegram akan memberikan fasilitas fungsi kamera ganda, di mana pengguna dapat mengambil foto dan video secara bersamaan menggunakan kamera depan dan belakang. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman merangkai cerita di dalam platform serta mengabadikan momen dari berbagai perspektif.

6. Batasan Waktu

Pengguna dapat memiliki kemampuan untuk menentukan periode kedaluwarsa Stories mereka. Pengguna akan dapat memilih salah satu dari tiga batas waktu yang disediakan, 12, 24, dan 48 jam.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur Stories di aplikasi perpesanan Telegram serta keunggulan yang dimilikinya. Kabarnya, fitur Stories di Telegram sedang dalam tahap pengujian akhir dan akan diluncurkan untuk pengguna mulai bulan depan. Tertarik menggunakannya?(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS