Teras Senja, Kafe Pertama di Lampung yang Mendorong Produktifitas Lansia

M. Iqbal Pratama - Rabu, 12 Oktober 2022 19:04
Teras Senja, Kafe Pertama di Lampung yang Mendorong Produktifitas LansiaKafe lansia Teras Senja di Jalan Terusan Darussalam Kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Apikmandiri melalui situs penggalangan dana Kitabisa.com menginisiasi berdirinya Teras Senja, yakni kafe yang menjadi wadah untuk membantu produktifitas para lansia.

Kafe Teras Senja yang terletak di Jalan Terusan Darussalam Kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjung Karang Barat itu menyediakan ruang produktif untuk membantu pemberdayaan lansia dan menciptakan kegiatan yang bermanfaat.

Indah selaku penanggung jawab Teras Senja menerangkan ide didirikannya kafe ini bermula dari keprihatinannya melihat para lansia di LKS Apikmandiri yang masih produktif namun tidak memiliki wadah untuk berkreatifitas.

"Karena di LKS Apikmandiri itu kita sering melihat kondisi lansia-lansia kita banyak banget yang mereka sebenarnya masih produktif. Tetapi mereka tidak memiliki tempat, jadi mereka hanya duduk diam di rumah," ujar wanita yang akrab disapa Bunda Indah itu, Rabu, 12 Oktober 2022

Indah juga mengatakan banyak lansia yang sebenarnya masih cukup bugar, namun karena tidak punya aktivitas akhirnya kondisi kesehatan mereka banyak menurun.

"Sehingga dari Kitabisa.com bekerjasama dengan LKS Apikmandiri membuka ruang untuk kegiatan Teras Senja. Agar mengapresiasi kegiatan lansia untuk produktif, disitu ada ruang cek kesehatan, ruang untuk curhat dan berbagai kegiatan nantinya. Seperti kegiatan keterampilan ada memasak, ecoprint (membatik), membaca, dan olahraga," jelasnya.

Ia berharap, kedepannya kafe Teras Senja tidak hanya ada di Bandar Lampung, tapi juga hadir di kabupaten/kota lainnya di Provinsi Lampung.

"Tentu sekali kita berharap dari kita di Bandar Kampung ini akan ada lagi Teras Senja lansia di daerah-daerah lain bahkan untuk sampai di seluruh Indonesia, itu harapan kami," tuturnya.

Didukung Pemkot Bandar Lampung

Indah menambahkan dalam menjalankan programnya, Teras Senja juga bersinergi dengan Pemkot Bandar Lampung. "Iya, karena bersinergi juga dengan program Puskesmas dan Dinas Sosial. Nanti dari mereka kita akan dapatkan dukungan, kita akan dapatkan motivasi untuk lansia kita. Berharap lansia kita slalu sehat dan bahagia serta bermanfaat di masa tuanya," harapnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Bandar Lampung Abu Bakar mengaku bersyukur dengan kehadiran kafe Teras Senja. "Para lansia ini di sini juga dijaga kesehatannya, seperti dicek tensi darah, kadar kolestrol dan lain-lain," ujarnya.

Ia berharap, kafe lansia yang telah diresmikan ini memberikan manfaat yang besar. "Kemudian kita memberikan pemberdayaan kepada lansia, karena dengan mereka sibuk itu artinya mereka tidak melamun dan mereka bahagia dan sehat," ucapnya.

Selain itu, pihak Dinas Kesehatan juga akan melakukan pemerksaan kesehatan lansia terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM).

"Kan selama ini sudah kita periksa tetapi mereka ke Puskesmas, nah nanti kita berharap teman-teman dari Puskesmas yang datang ke sini, jadi lansia itu tidak ke sana ke sini. Insya Allah mereka selalu sehat, obat-obatan juga akan kita suplai," jelasnya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial Kota Bandar Lampung, M. Havis menambahkan pihaknya akan memberikan bantuan sesuai tupoksi yang dimiliki Dinas Sosial.

Mbah Iman (85 tahun) salah satu lansia yang mengikuti kegiatan di Teras Senja mengaku telah mendapatkan manfaat dengan adanya kafe Teras Senja. "Saya sudah empat kali ke sini. Di sini juga kita dicek tensi, ditimbang. Nanti juga dikasih vitamin dari Puskesmas," ujarnya.

Mbah Iman senang karena bisa berkumpul dan melakukan kegiatan produktif bersama rekan-rekannya. "Senang sekali, di sini kita di ajak cerita, di ajak senang, di ajak melakukan kegiatan-kegiatan lainnya juga," tandasnya. (iqb)

Editor: Eva Pardiana
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS